Saat ini ada dua tipe tangki air yang sering ditemui di pasaran Indonesia. Pertama adalah tangki air stainless steel dan yang kedua adalah tangki air plastik. Memang keduanya memiliki pangsa pasar yang berbeda dan tentu saja menarik untuk menilik persaingan antara dua tipe tangki air ini. Tapi tentu saja masyarakat memiliki penilaian tersendiri mana tangki air yang sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja pembiayaan yang disiapkan. Dari segi material, memang tangki air stainless steel memiliki bahan yang lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan tangki air yang terbuat dari plastik. Anda juga bisa mengecek harga tangki air stainless steel 2000 liter di pasaran pastinya jauh lebih mahal dengan berbahan plastik. Ini yang menjadi salah satu alasan beberapa orang untuk memilih tangki air plastik seperti kebutuhan untuk rumah tangga misalnya. Sedangkan untuk kebutuhan bisnis, biasanya tangki air stainless steel dinilai lebih awet dan tentu saja lebih memiliki kualitas air yang lebih baik.

Tangki air stainless steel memiliki ketahanan yang cukup baik dalam melawan korosi dan juga menangkal serangan bakteri dari air tanah yang dialirkan dari pompa air. Biasanya penggunaan tangki air stainless steel ini sudah memenuhi kualifikasi standar untuk pengolahan makanan dan farmasi. Ini yang membuat tangki air stainless steel ini tidak beracun dan menjaga kualitas air di dalamnya tetap dalam kondisi baik saat disimpan dalam waktu yang cukup lama. Keunggulan lainnya adalah tangki stainless steel mampu menyerap panas sehingga korosi bisa dikurangi. Panas yang diserap ini mampu mengurangi munculnya lumut dan alga yang sering ditemui di tangki air berbahan plastik. Apalagi saat terjadi kerusakan dan kebocoran, perbaikan pada tangki air stainless steel ini dinilai lebih mudah karena bisa ditambal atau dilas karena material besinya yang mudah untuk dimodifikasi. Dibandingkan dengan tangki air berbahan plastik yang hanya bisa ditambal dan ketika pecah akan sulit untuk dimodifikasi dan diperbaiki. Hal ini juga jadi pertimbangan banyak orang untuk memilih tangki air stainless steel karena perbaikan saat pemakaian bisa ditekan meski harga awalnya terbilang cukup mahal.

Meski memiliki banyak keunggulan, sebelum benar-benar memilih tangki air stainless untuk kebutuhan Anda, perlu dipertimbangkan tentang lokasi tempat peletakan dari tangki air ini. Dikarenakan material stainless steel ini mengandung bahan besi, sehingga perlu berhati-hati jika menggunakannya di kawasan pantai atau dekat dengan air laut karena berpotensi berkarat yang lebih cepat dibandingkan di kawasan lainnya. Bobot dari material stainless steel ini juga lebih berat dibandingkan dengan material plastik sehingga harus dipastikan penyangga dari stainless steel harus kokoh dan stabil. Cara membersihkan tangki air stainless steel ini juga lebih mudah karena kerak dan lumut yang tersimpan di bagian bawah tangki bisa dihilangkan dengan cairan pembersih yang dijual di pasaran. Beberapa merek tangki air sangat memperhatikan kualitas material sehingga terkadang terdapat material yang mampu menghalau magnet yang dikandung oleh air tanah. Para produsen pun memberikan banyak pilihan dari segi desain dan bentuk dan beberapa diantaranya memberikan tambahan kaki sebagai penyangga agar pengguna lebih mudah dalam meletakkan tangki stainless steel ini ditempat yang telah disediakan.

Dengan segala keunggulan dan keterbatasannya, tangki air stainless steel sangat direkomedasikan untuk penggunaan bisnis dan fasilitas umum karena mampu menjaga kualitas air untuk waktu yang lama dan juga garansi penggunaan yang membuat pengguna jadi lebih tenang dalam beberapa tahun penggunaannya.