Ketika anda dibohongi oleh seseorang maka biasanya apa yang akan anda rasakan? Seseorang yang dibohongi maka tentunya akan merasa kecewa. Ketika seseorang berbohong maka seseorang iniĀ  berbicara tidak sesuai dengan kenyataannya. Seseorang biasanya akan berbohong karena sedang membela dirinya dari perbuatan salahnya. Sehingga terkadang kebohongan yang telah dilakukannya itu dapat menyelamatkan dirinya sendiri. Ketika sebuah kebohongan yang dilakukan oleh seseorang dapat menyelamatkan dirinya sendiri, maka 3 kemungkinan ini akan dilakukan oleh seseorang ini diantaranya yaitu :

  1. Seseorang Ini Akan Merasa Aman

Ketika seseorang melakukan kebohongan untuk membela dirinya dari perbuatan salahnya dan kebohongan itu dapat menyelamatkan dirinya maka tentunya seseorang ini akan merasa aman. Seseorang ini akan merasa hidupnya tidak akan terancam sebuah sanksi atas kesalahannya karena telah ditutup oleh kebohongannya itu.

  1. Seseorang Ini Akan Merasa Tidak Aman

Seseorang yang melakukan sebuah kebohongan untuk membela dirinya agar sebuah kesalahannya tidak terbongkar dan seseorang ini tertolong oleh kebohongannya itu. Seseorang ini mungkin akan terbebas dari sebuah sanksi namun kemungkinannya nanti seseorang ini akan merasa tidak aman atau dihantui oleh rasa bersalah.

  1. Seseorang Ini Tidak Akan Mengulanginya Lagi

Ketika sebuah kesalahan seseorang tidak terbongkar karena kebohongannya dan seseorang ini bebas dari sebuah hukuman maka tentunya seseorang ini akan merasa aman. Namun terkadang hati nurani seseorang ini diselimuti rasa bersalah sehingga seseorang ini biasanya berjanji tidak akan mengulangi kesalahannya sehingga seseorang ini tidak harus berbohong lagi.