Ketahui Fakta ilmiah tentang kandungan dan khasiat Jeruk nipis

Blabla Indonesia – Dalam beberapa laporan mengungkapkan bahwa Jeruk Nipis berasal dari kepulauan Hindia Timur dan sampai saat ini bisa tersebar di semua wilayah baik daerah beriklim tropis dan subtropis. Di Indonesia sendiri tanaman ini bisa ditemukan pada daerah dengan ketinggian 1-1000 m dpl ( diatas permukaan laut ).

Kulit jeruk nipis tipis tanpa benjolan berwarna hijau tua dan akan berubah menjadi warna kuning jika sudah matang , ukurannya bisa mencapai sebesar bulat telur,diameter anatara 2,5-5 cm, rasanya pahit,netral,asam tergantung varietas dan tergolong kedalam jenis buah buni.

Air perasan buah jeuk nipis mengandung banyak vitamin C , dapat digunakan sebagai penyedap maasakan,minuman penyegar , bahan pembuatan asam sitrat,melunakan daging dan mampu membersihkan karat pada logam atau kulit yang kotor.Bagian utama yang paling banyak digunakan adalah buahnya walaupun akar,daun dan bunganya bisa dijadikan sebagai obat herbal.

Khasiat jeruk nipis rasanya pahit,asam dan sifatnya sedikit dingin ,astringen dan harum aromatik . Berkhasiat menghilangkan sumbatan vital energi,antioksidan,antikanker,obat batuk , mukolitik ( peluruh lendir ) , diuretik ( peluruh kencing ) , influensa dan peluruh keringat.

Penelitian dan fakta 

Dalam beberapa journal penelitian menunjukan bahwa jeruk nipis ikut berperan penting pada kelangsungan siklus sel yaitu mengatur keputusan sel untuk membelah ( mitosis ) atau mati ( apoptosis ) serta bermanfaat dalam memperkuat sel darah putih. Jeruk nipis juga mengandung fungsi sebagai antibakteri , hal ini dibuktikan pada beberapa penderita penyakit Kolera , penyakit infeksi usus yang menyebabkan diare berat akibat Vibrio Cholerae. Pemberian perasan jeruk nipis bersama nasi ternyata dapat melindungi usus dari penyakit kolera.

Perhatian 

Seperti jeruk lemon, jeruk nipis juga mengadung asam oksalat ,akan tetapi kandungan oksalat pada kulit jeruk nipis mengandung oksalat yang sangat tinggi. Jeruk nipis juga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak .Sebagian orang juga ada yang alergi mengonsumsi  kulit jeruk nipis, hal ini disebabkan kulitnya mengandung sejumlah minyak yang berguna bagi tubuh tapi minyak ini juga bisa menghambat kinerja sejumlah fungsi tubuh. Sebagai contoh adalah kulit jeruk nipis mengandung senyawa Citral yang mempunyai khasiat berlawanan dengan fungsi vitamin A .

Pengguaan sebagai obat herbal

Sejak zaman dahulu, masyarakat menggunakan jeruk nipis sebagai obat herbal yang ampuh . Untuk obat yang diminum cukup peras 1-2 buah jeruk nipis kemudian dikonsumsi tanpa campuran atau bisa juga dengan menambahkan campuran seperti madu.Untuk pemakaian bagian luar , air jeruk nipis dicampurkan dengan bahan lain dan dibalurkan/diokmpreskan pada bagian tubuh yang sakit. Ramuan herbal ini bisa digunakan untuk mengobati demam pada anak,sakit perut, sakit gigi,diare,sakit kepala,rematik,kurap,ketombe,jerawat,mengecilkan pori-pori kulit,membersihkan lemak di kulit wajah  dan mengobati nyeri haid/menstruasi.

Air jeruk nipis juga bisa digunakan untuk obat kumur pada penderita sakit tenggorokan atau abses tenggorokan.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan