Kenali Perbedaan Gejala Diare dan Disentri

Sering buang air besar dengan massa lembek atau cair merupakan gejala dari penyakit diare. Diare bisa menjadi penyakit yang mengganggu bahkan memiliki potensi untuk merusak tubuh akibat efeknya yaitu dehidrasi. Seseorang yang mengalami dehidrasi akibat diare bisa kehilangan mineral penting dalam tubuhnya sehingga mengalami gejala penyakit lainnya seperti berhalusinasi, sulit konsentrasi dan sebagainya. Karena itu, diare harus segera disembuhkan agar cairan tubuh tidak banyak yang keluar sehingga mineral tubuh ikut terbuang.

Cara mengatasi diare yang tepat adalah dengan mengetahui apa penyebab diare tersebut. Diare sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti efek samping penggunaan obat tertentu, stres, maag, gejala penyakit tertentu dan defisiensi zat besi. Jika Anda sudah mengetahui apa penyebab dari diare maka untuk mengatasinya akan lebih mudah yaitu dengan meniadakan penyebabnya. Sebagai contoh adalah diare akibat sakit maag yang bisa sembuh dengan sendirinya seiring sembuhnya sakit maag yang diderita. Namun jika penyebab diare tidak diketahui dengan pasti, Anda bisa menyembuhkannya dengan cara yang lebih umum dimana salah satunya adalah dengan mengkonsumsi zat besi.

Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare ditujukan agar bisa mengatasi diare akibat kekurangan zat besi. Dengan mengkonsumsi zat besi selama diare tubuh akan mendapatkan zat besi yang dibutuhkannya sehingga diare menjadi berhenti dengan sendirinya. Selain itu tubuh juga menjadi lebih sehat karena adanya asupan zat besi yang berguna untuk membentuk sel darah merah.

Selain memberi tubuh zat besi untuk mengatasi diare yang tidak diketahui penyebabnya, ada cara lain yang juga bisa Anda coba yaitu dengan memberikan suplemen probiotik. Probiotik merupakan suplemen yang mengandung bakteri baik untuk mengalahkan bakteri jahat dalam saluran pencernaan yang bisa menimbulkan penyakit termasuk diare. Probiotik untuk kesehatan saluran cerna menjadi pilihan yang baik bukan hanya untuk tindakan pengobatan namun juga pencegahan. Karenanya suplemen probiotik disarankan untuk selalu dikonsumsi setiap hari guna menjaga kesehatan saluran cerna dari berbagai gangguan penyakit. Mengkonsumsi probiotik lebih menyenangkan karena kini ada beberapa bentuk sediaan yang mudah dikonsumsi dibandingkan mengkonsumsi obat diare yang memiliki rasa lebih pahit.