Kenali lebih dalam efek narkoba pada remaja

Assalamu ‘alaikum, salam sejahtera bagi kita semua…

Di kesempatan kali ini penulis akan mengajak pembaca yang budiman untuk mempelajari penyalahgunaan narkoba dan bahayanya bagi remaja. Artikel ini penulis fokuskan untuk memberikan sedikit wejangan atau pesan kepada pembaca tentang bahaya narkoba dan semoga dapat dikembangkan untuk menuju kesempurnaan bersama. Semoga bermanfaat dan selamat menyimak!

Narkoba?

Menurut UU RI No 35 tahun 2009, narkoba adalah suatu zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Simplenya, narkoba adalah suatu zat yang dapay menimbulkan perubahan psikis dan ketergantungan. Oleh karena itu, narkoba dilarang keberadaannya oleh negara maupun agama. Sebetulnya hal itu adalah benar, kenapa? Karena dari pengamatan penulis, hampir tak ada dampak positif bagi pemakai narkoba, sudah buang duit, kena hukum negara juga kena dosa akhirat. Naudzubillahimindzalik.. Kalau Anda adalah orang yang berpendidikan dan berakhlak tentu tidak akan mendekati benda haram ini. Sekali lagi penulis tekankan bahwa TIDAK AKAN ADA DAMPAK POSITIF DARI NARKOBA!!

Lalu apakah yang menyebabkan narkoba itu disalahgunakan oleh remaja? Berikut jawabannya!

Remaja mempunyai sifat khas yaitu adalah cenderung suka mencoba-coba tanpa melihat resikonya. Namun tidak akan mungkin seorang remaja akan langsung mencoba narkoba tanpa ada sebabnya. Dalam ilmu bahasa, sebab atau yang disebut faktor itu ada dua yaitu faktor dari dalam diri (intern) dan faktor dari luar (ekstrern). Berikut faktor-faktor yang menyebabkan narkoba menyalahgunakan zat candu tersebut:

  • Faktor Intern
  1. Dari kepribadian remaja itu sendiri seperti kontrol diri yang buruk dan prinsip kesenangan semata
  2. Lemahnya tingkat pemahaman agama
  • Faktor Ekstern
  1. Faktor dari keluarga terutama orang tua
  2. Faktor dari lingkungan seperti tetangga dan pergaulan yang salah
  3. Faktor pendidikan yang minim

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan narkoba bisa tersentuh oleh remaja. Jadi mulai sekarang jangan salahkan pada remaja, karena mereka hanya sebagai korban solusinya adalah marilah kita memperbaiki karakter remaja-remaja Indonesia.

Setelah menelaah tentang apa itu narkoba dan faktor-faktor yang menyebabkan narkoba bisa ditangan remaja lanjut penulis akan memberikan pengetahuan tentang bahaya narkoba bagi remaja dan upaya pencegahannya. Cekidott…

Bahaya Narkoba bagi Remaja

Banyak sekali bahaya yang akan ditanggung oleh remaja penggila narkoba, berikut adalah sedikit bahaya/ dampak yang akan dialami oleh remaja:

  1. Gangguan pada kulit (tubuh luar)
  2. Gangguan syaraf dan mental
  3. Gangguan bagian pencernaan dan pernapasan

Upaya Pencegahannya

Berikut adalah 5 langkah untuk pencegahan narkoba khususnya bagi remaja:

  1. Pertebal keimanan kepada Tuhan YME
  2. Pengang teguh norma yang berlaku di masyarakat
  3. Isilah waktu luangmu untuk kegiatan-kegiatan yang positif
  4. Perhatikan daerah sekitarmu dan selektif dalam bergaul
  5. Hindari rokok, karena rokoklah penyebab utama Anda mencoba narkoba

Demikian sedikit pengetahuan yang penulis bagikan, kalau ada salah-salah kata penulis mohon maaf. Terimakasih telah membaca dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Referensi:

Undang-Undang Republik Indonesia

Pengalaman Penulis

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan