Menggosok gigi merupakan sebuah aktivitas membersihkan gigi dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi. Lalu menggunakan air untuk membersihkan sisa pasta gigi dari mulut dengan cara dikumur. Selain itu juga ada yang dengan menggunakan tambahan cairan kumur untuk membersihkan bagian mulut dan membuat nafas segar. Sedangkan mandi adalah aktivitas membersihkan seluruh tubuh mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki dengan menggunakan shampo dan sabun. Kemudian busa dari shampo dan sabun ini dibersihkan dengan menggunakan air secara dibilas. Dalam keseharian seseorang aktivitas menggosok gigi dan mandi ini biasanya dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari. Kegunaan dari melakukan aktivitas menggosok gigi dan mandi sebanyak 2 kali dalam sehari adalah :

  1. Menggosok Gigi

Biasanya seseorang dalam sehari menggosok giginya itu sebanyak 2 kali yaitu ketika bangun tidur dan ketika akanĀ  tidur. Seseorang ketika bangun tidur biasanya langsung menggosok gigi. Hal ini dilakukan untuk membuat nafasnya segar kembali di pagi hari setelah terbangun dari tidur. Ketika seseorang bangun dari tidurnya biasanya nafas dari mulutnya itu akan tidak sedap dan juga kadang bagian sekitar mulut akan terasa kurang nyaman jika belum menggosok gigi. sehingga seseorang ini harus menggosok gigi untuk membuat nafas dan bagian mulutnya segar kembali. Menggosok gigi juga dilakukan seseorang di malam hari sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sisa sisa kotoran dari makanan yang menempel di gigi. Sehingga seseorang ini tidur dengan gigi yang sudah bersih dan seseorang ini akan mengurangi dirinya dari resiko terkena sakit gigi dan penyakit mulut lainnya.

  1. Mandi

Seseorang juga biasanya melakukan aktivitas mandi ini sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu di pagi hari dan sore hari. Ketika di pagi hari mandi ini dilakukan seseorang sebelum melakukan aktivitas hariannya. Mandi pagi dengan air dingin dapat menyegarkan tubuh seseorang sehingga seseorang ini bisa lebih bersemangat untuk bekerja atau aktivitas lainnya. Selain itu juga ternyata mandi di pagi hari dapat mengurangi tingkat stress dan juga dapat membuat kulit lembut dan awet muda. Setelah seseorang cape berkeringat karena seharian telah bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Maka dengan melakukan mandi di sore hari dapat menyegarkan kembali tubuh seseorang yang kecapean itu. Selain itu juga badan seseorang itu akan bersih dari keringat yang bisa menimbulkan bau badan tidak sedap.

Sebaiknya kedua aktivitas diatas dilakukan secara rutin karena banyak manfaatnya bagi kesehatan seseorang jika dilakukan secara rutin setiap harinya.