Kandungan nutrisi dan zat berkasiat pada Jeruk Bali

Jeruk Bali atau Pomelo dikenal dengan buah yang memiliki warna hijau muda kekuningan, kulit tebal dan banyak mengandung kelenjar minyak. Jeruk Bali pada umumnya berdiameter antara 15 – 25 cm , bentuknya bulat , kulitnya berwarna putih atau merah muda ,banyak mengandung air,rasanya khas dan menyegarkan, Varian jeruk bali ada yang berbiji dan tidak. Baca ( Fakta ilmiah jeruk nipis )

Buah yang stau ini banyak kita temukan dengan mudah di pasar-pasar dan dengan harga yang bervariatif, lebih mudah lagi bagi mereka yang hidup di desa mungkin sudah tidak asing lagi atau bisa juga ” minta ” kepada tetangga . Umumnya , kulit jeruk bali bagi anak-anak desa dijadikan sebagai mainan yang menyenangkan seperti mobil-mobilan atau bentuk pesawat terbang. Mungkin anda juga ngalamin ya ..??

Minyak esensial yang diekstrak dari daun, bunga dan kulit biasanya digunakan oleh industri besar sebagai bahan pembuatan permen, parfum dan bentuk produk jadi lainnya. Kayunya juga bisa digunakan sebagai gagang perkakas dan peralatan lainnya seperti peralatan dapur. Selain itu, bunga,buah dan kulitnya juga bisa dikonsumsi.

Adapun Kandungan Nutrisi dan zat berkhasiat apda jeruk bali mengandung Pektin,Likopen,beta – karoten,bioflavonoid,folat,asam sitrat,Phenolic acid, vitamin C,A & B ,serat dan gula alami.

Zat pektin dalam serat larut didalam air yang akan membentuk gel di usus halus sehingga penyerapan kolesterol dari makanan akan terhambat dan konsentrasi kolesterol dalam darah akan menurun.

Likopen dapat ditemukan pada jeruk merah yaitu sangat banyak jika dibandingkan dengan yang  biasa, khasiat dari likopen adalah sebagai antioksidan kuat yang bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas oksigen sehingga dapat mengurangi kejadian kanker terutama pada kanker prostat. Likopen juga bermanfaat dalam menurunkan terjadinya kanker lambung, paru,kandung kemih, serviks dan kanker kulit.

Adapun betakaroten banyak terdapat pada jeruk bali berwarna kuning, Betakaroten atau Provitamin A mempunyai peran penting sabagai antioksidan dan juga dapat dikonversi tubuh menjadi molekul-molekul vitamin A.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan