Kampung Kreatif Dago Pojok , pesona seni budaya di pusat kota Bandung

Siapa sih yang tidak mengenal kota Bandung ? Pastinya merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik.

foto kampung kreatif dago pojok bandung
Via pikiran-rakyat.com

Kampung Kreatif salah satunya , merupakan salah satu kampung yang berada di Dago Pojok tepatnya di pusat kota Bandung bagian utara  yang memberikan suasana eksotisme seni dan budaya urang Sunda .

Di sepanjang jalan dan lingkungan kampung kreatif terlihat sangat jelas hasil-hasil kreatifitas masyarakatnya dengan arsitektur Mural beraliran gambar Abstrak .

Mural merupakan salah satu bentuk karya seni menggambar diatas media dinding ,tembok atau permukaan luas secara permanen dan memiliki warna yang hidup .

Kampung ini memang sengaja diciptakan oleh masyarakat kota Bandung yang difungsikan sebagai wadah kreatifitas masyarakat semua kalangan baik anak-anak ataupun dewasa untuk mengasah imajinasi menggambar sekaligus mempertahankan seni tradisi dan budaya sunda .

Pada dinding setiap rumah dipenuhi dengan galeri gambar-gambar abstrak bertajuk kebebasan berkreasi . Selain menggambar , di kampung kreatif ini juga kita bisa menikmati berbagai permainan anak zaman dulu serta alat-alat dan seni musik tradisional seperti :

1. Goong

2. Ketang-ketang

3. Keprak

4. Kacapi Suling

5. Gondang

6. Angklung

7. Calung

8. Celempung

9. Celempung Rente

Dan alat musik lainnya sebagian besar terbuat dari Bambu karena sangat mudah ditemukan .

Baca juga :

Wisata Saung Angklung Udjo

Green Pramuka City Hunian di Pusat Kota

Seperti Celempung yang terbuat dari bambu yang mempunyai suara merdu hasil dari resonansi suara dari setiap bambu , dalam proses pembuatannya dibutuhkan ketekunan dan kesabaran yang tinggi dan pemakaian setiap alat musik sangatlah berbeda satu dengan lainnya.

Adapun seni tari tradisional yang dapat dilihat di Kampung Kreatif Dago Pojok ini antara lain : 

1. Tari Jaipong

2. Reog

3. Wayang Golek

4. Pencak Silat dan tari lainnya.

Kesemua seni budaya sengaja diciptakan di kampung ini guna menghidupkan kembali budaya sunda yang tertuang dalam jajaran kehidupan masyarakat Parahyangan dari dulu hingga sekarang  .

Walaupun berada di pusat kota , kampung kreatif ini masih memegang teguh pada aroma khas pedesaan dimana sungai dijadikan sebagai tempat pancing serta jajaran sawah yang hijau menambah wahana wisata yang penuh dengan edukasi dan inspirasi .

Ide pemikiran pembenahan menjadi kampung kreatif ini awalnya sekumpulan masyarakat saat itu memiliki daya juang terhadap karya seni budaya yang kemudian dijadikan sebagai wadah dengan memadukan kreatifitas klasik dan bersaing dengan karya seni modern .

Dilakukan oleh setiap kalangan dengan latar belakang ekonomi yang berbeda namun karena kekompakan masyarakatnya dalam mempertahankan nilai seni dan budaya maka antara uang dan seni sangat berimbang serta bertahan hingga kini .

Jadi kalau anda jalan-jalan ke kota Bandung maka tidak ada salahnya mencoba mengunjungi kampung kreatif di Dago Pojok ini . ®

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan