Kain tenun Songket Bali , seni budaya yang khas Indonesia

Nama Bali mungkin bagi traveler sudah tidak asing di dengar karena pesona keindahan alamnya yang sangat indah baik pantai , sawah dan pegunungan yang terus terhampar luas. Bali juga terkenal dengan pesona budaya dan keseniannya seperti seni ukir , pahat dan seni tari . Tarian yang paling populer di kancah lokal dan dunia adalah Tari Pendet . Jika anda wisata ke Bali jangan hanya menikmati keindahan alamnya saja tapi nikmati juga kain tradisional Bali yang terkenal yaitu Kain Songket.

Kain Songket ini banyak digunakan masyarakat sekitar khususnya Kelungkung dan Buleleng . Jenis kain ini memang merupakan kreasi hasil budaya Bali dan adat istiadat masyarakatnya yang penuh dengan kearipan lokal . Desain yang cantik juga merupakan lambang yang penuh dengan kesakralan dan lazim sesuai ciri khas upacara dan pertunjukan .

Kain Songket ini dibuat sesuai pola seperti motif bunga ,burung dan motif wayang , seiring dengan perkembangan mode di tanah air kain ini didesain juga sesuai keinginan kita namun yang paling umum digunakan pasangan anak muda adalah jenis motif bunga yang penuh dengan lambang kebahagiaan. Saat dahulu penggunaan kain songket hanyan dipakai untuk upacara adat saja namun sekarang bisa digunakan kapan saja oleh kita .

Untuk membuat satu lembar Kain Songket setidaknya kita membutuhkan waktu 1 bulan untuk membuat dengan ukuran 175 x 110 cm ini makannya tidak salah jika harga yang ditawarkan sangat mahal apalagi bahan yang digunakan adalah sutra murni .

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan