Jenis Sistem Ekonomi dan pengertiannya

Sistem Ekonomi merupakan sebuah mekanisme yang digunakan untuk membantu mengatasi masalah kelangkaan dan pilihan atau bisa juga disebut sebagai aturan main hidup berekonomi.
Macam-macam sistem ekonomi.
1. Ekonomi tradisional
Merupakan sist ekonomi yang diterapkan oleh masyarakat tradisional secara turun temurun dengan hanya mengandalkan alam dan tenaga kerja.
2. Ekonomi pasar
Seluruh kegiatan ekonomi dari produksi , distribusi dan konsumsi diserahkan sepenuhnya pada mekanisme pasar.
3. Ekonomi Komando ( terpusat ).
Adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh besar dalam mengendalikan perekonomian . Pada sistem ini pemerintah menentukan barangbdan jasa apa yang akan di produksi , dengan cara apa bagaimana barang tersebut di produksi serta untuk siapa sasaran barang tersebut di produksi.
4. Ekonomi Campuran
Merupakan gabungan antara sistem ekonomi pasar dan terpusat dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi.
5. Ekonomi kerakyatan
Merupakan sistem ekonomi nasional Indonesia yang berasas kekeluargaan , berkedaulatan rakyat , bermoral pancasila dan pemihakan sungguh-sungguh pada ekonomi rakyat. Adapun salah satu syarat mutlak berjalannya sistem ekonomi nasional yang berkeadilan sosial adalah berdaulat pada bidang politik , mandiri di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang budaya.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan