Artikel ini memuat jadwal bola Indonesia menarik pada akhir pekan ini. Setelah sebelumnya bertanding dalam leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Minggu (21/7) lalu, Persija Jakarta dan PSM Makassar akan bertanding dalam leg kedua final Piala Indonesia. Kali ini giliran PSM Makassar menjamu Persija, dimana pertandingan akan dilangsungkan di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, pada Minggu (28/7) nanti. Pada leg pertama lalu, Macan Kemayoran berhasil menumbangkan PSM dengan skor 1-0. Gol dicetak oleh Ryuji Utomo di menit ke-87, yang sebelumnya menggantikan Maman Abdurrahman. Meskipun PSM berusaha mengejar ketertinggalan di sisa waktu, usaha mereka tidak berhasil dan Persija menutup pertandingan dengan kemenangan.

Dengan kemenangan ini, Persija tinggal membutuhkan hasil seimbang tanpa gol untuk keluar sebagai pemenang Piala Indonesia. Dengan ini, PSM Makassar tentu membutuhkan kemenangan minimal 2-0 pada leg kedua nanti di kandang mereka sendiri. Berikut jadwal bola Indonesia (Final Piala Indonesia) pada Minggu, 28 Juli 2019 mendatang: PSM Makassar vs Persija Jakarta, 15.30 WIB, Stadion Mattoangin Makassar, disiarkan langsung di RCTI. Persaingan sengit keduanya telah berlangsung cukup lama terutama sejak gelar Liga 1 2018 tahun lalu, di mana kedua tim hanya memiliki selisih 1 poin dan Persija meraih gelar juara dengan perolehan 62 poin. Pada tahun 2001 atau 18 tahun silam, keduanya bertemu di Stadion Gelora Bung Karno pada final Liga Indonesia. Saat itu liga masih terbagi menjadi dua yaitu zona barat dan zona timur. Kala itu PSM Makassar menjadi juara zona timur dan Persija merupakan runner up zona barat. Keduanya kemudian bertemu dalam satu grup pada babak semifinal di grup B bersama Persita Tangerang dan Arema Malang.

Bagi Anda yang tertarik menonton pertandingan final Piala Indonesia secara langsung, tiket dapat dibeli secara online dengan harga paling murah Rp150.000. Panitia pelaksana menyediakan 68.250 lembar tiket. Pembelian online berlaku untuk tiket kategori VVIP, VIP dan kategori 1, yang bisa dibeli lewat loketpersija.com dan aplikasi GO-TIX. Hrga untuk tribun VVIP adalah Rp500.000, VIP Rp150.000 dan kategori 1 Rp150.000. Untuk kategori 2 dan 3, bisa didapatkan melalui korwil Jakmania.

Sementara Shopee Liga 1 Indonesia 2019 kembali digelar pada akhir pekan ini. Di Puncak klasemen masih bertengger Tira Persikabo dengan jumlah poin 20. Madura United dan Bali United menyusul di posisi kedua dan ketiga dengan perolehan masing-masing 17 dan 16 poin. Sesuai jadwal bola Indonesia, pekan ke-11 Shopee Liga 1 2019 dimulai pada Jumat, 26 Juli. Di hari tersebut akan ada 6 tim yang bertanding. Arema FC akan menjamu Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan, Malang.  Lalu pemimpin klasemen sementara, Tira Persikabo akan menjamu tim pendatang baru Kalteng Putra di Stadion Pakansari, Cibinong. Sementara itu, Persib Bandung akan menjadi tuan rumah dalam pertandingannya melawan Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Pada beberapa pertemuan sebelumnya, skuad Maung Bandung asuhan Robert Rene Alberts ini belum pernah menang sekalipun saat melawan Bali United, di mana tiga pertandingan berakhir seri dan satu pertandingan dimenangi Serdadu Tridatu.

Berikut jadwal bola Indonesia Shopee Liga 1 2019 yang akan ditayangkan di Indosiar dan bisa disaksikan melalui live streaming :

Jumat (26/7/2019)

15.30 WIB Arema FC Vs Bhayangkara FC (Indosiar)

15.30 WIB Tira Persikabo Vs Kalteng Putra (live streaming)

18.30 WIB Persib Bandung Vs Bali United (Indosiar)

Sabtu (27/7/2019)

15.30 WIB PSS Sleman Vs Barito Putera (Live streaming)

18.30 WIB Madura United Vs Badak Lampung (Indosiar)

Minggu (28/7/2019)

15.30 WIB Persela Vs Borneo (O Channel)

18.30 WIB Semen Padang Vs Persebaya (Indosiar)