Kebanyakan orang pasti membutuhkan jasa layanan Mechanical Electrical dan Piping agar tidak terjadi masalah-masalah kelistrikan yang tidak diinginkan. Sistem otomatisasi merupakan teknologi yang didasarkan pada aplikasi mekanis, elektronis, dan komputer yang berfungsi sebagai sistem operasi dan pengontrol. Inilah beberapa komponen pada sistem otomatisasi.

  1. Diode

Diode merupakan komponen aktif pada sistem otomatisasi pembangkit listrik yang memiliki dua kutub bersifat semikonduktor yang hanya memperbolehkan arus listrik mengalir ke satu arah. Diode sendiri sebenarnya tidak menunjukkan karakteristik serah yang sempurna. Diode hanya memiliki karakteristik hubungan arus maupun tegangan yang tidak linier.

  1. Transistor

Transistor merupakan alat semikonduktor yang biasanya dipakai sebagai sirkuit pemutus, penyambung, penguat, hingga stabilitas tegangan pada sistem otomatisasi pembangkit listrik. Tegangan input-nya (FET) ataupun arus input-nya (BJT) mengalirkan listrik yang akurat yang bersumber dari sirkuit listriknya yang di atur oleh transistor.

  1. Kapasitor

Kapasitor merupakan alat yang berfungsi untuk menyimpan energi di dalam medan listrik. Pada umumnya, kapasitor cenderung memiliki dua kaki dan dua kutub bersifat positif dan negatif yang mengandung cairanĀ  elektrolit dengan bentuk tabung.

  1. Motor Listrik

Motor listrik merupakan alat dalam sistem otomatis pembangkit listrik yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Sedangkan alat yang berfungsi sebaliknya, mengubah energi mekanik menjadi energi listrik disebut dengan dinamo atau generator. Motor listrik sendiri dapat dengan mudah dijumpai di berbagai peralatan rumah tangga.

Motor listrik akan mengubah tenaga listrik akanmenjadi tenaga mekanik. Prinsip kerja motor listrik sendiri dengan mengubah tenaga listrik menjadi magnet yang sering dikenal degan istilah elektro magnet saklar.

Saklar merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memutuskan ataupun menyabungkan aliran listrik. Saklar merupakan alat sederhana berbentuk kecil dengan dua buah bilah logam yang menempel pada suatu rangkaian. Pada umumnya, saklar cenderung diaplikasikan pada sensor mekanik yang biasanya dipakai pada mikroontroller yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian,

Nah, di atas merupakan komponen-komponen yang sering digunakan pada sistem otomatisasi. Agar lebih jelasnya, kamu dapat menghubungi layanan mechanical engineering plumbing Sewatama sebagai solusi terbaik masalah kelistrikan.