Inilah 5 Manfaat Berjalan Kaki Secara Teratur Bagi Kesehatan

Blablaid – Berjalan kaki tidak memerlukan peralatan atau pakaian olahraga khusus yang harganya mahal serta memerlukan keahlian khusus. Dengan cuma bermodalkan sepatu olahraga ringan dan celana training panjang, malahan tanpa mesti memakai alas kaki juga jadi. Akan tetapi, tahukah Anda manfaat berjalan kaki secara teratur bagi kesehatan?

Walaupun olahraga berjalan kaki tidak memerlukan biaya banyak alias murmer (murah meriah), tetapi tidak boleh diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Secara umum manfaat teratur berjalan kaki untuk kesehatan itu baik untuk jantung, otot, tulang, penglihatan, malahan baik untuk menyegarkan pikiran.

Berikut manfaat berjalan kaki secara teratur bagi kesehatan :   

Memperkuat jantung  (stroke dan penyakit jantung)

Rutin berjalan kaki bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) seketika itu juga menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengendalikan tekanan darah tetap normal. Dengan demikian secara otomatis bisa menurunkan risiko terkena stroke dan penyakit jantung.

Baca Juga : Resep Rahasia Masakan Enak dan Lezat

Menurunkan risiko terkena penyakit kencing manis (diabetes)

Menurut sebuah riset memperlihatkan bahwa setiap hari berjalan bisa membantu menghindari penyakit kencing manis atau diabetes hingga 60%.

Menjaga berat badan tetap normal

Anda mesti membakar kira-kira 600 kalori per hari bila Anda mencoba untuk mengurangi berat badan. Salah satu metode yang paling mudah untuk menurunkan berat badan ialah berjalan kaki. Selain itu, berjalan kaki pula menambah massa otot hingga makin banyak otot yang Anda punyai kian cepat metabolisme tubuh Anda. Dengan demikian tidak sedikit kalori yang terbakar, malahan ketika  Anda sudah tidur.

Membantu mencegah demensia (pikun)

Aktif dengan cara fisik mempunyai efek menjaga fungsi otak dan olahraga dengan cara teratur menurunkan risiko demensia atau pikun sampai sebanyak 40%. Berdasarkan Age UK, orangtua yang berjalan kaki sepanjang 6 mil atau lebih setiap minggunya dapat mencegah terjadinya penyusutan otak dan memulihkan memori yang sudah berlalu beberapa tahun silam.

Terpopuler : 4 Persiapan Traveling di Ubud Bali

Mencegah osteoporosis (keropos tulang)

Berjalan kaki diduga sebagai aktivitas menyangga beban yang merangsang dan menambah kuatnya tulang dengan menambah kepadatannya sehingga menangkal osteoporosis atau keropos tulang. Hal ini amat penting, khususnya untuk wanita yang lebih rentan terkena osteoporosis. Dengan berjalan kaki akan membantu melindungi kesehatan sendi hingga dapat menghindari kondisi seperti arthritis.

Demikian 5 manfaat berjalan kaki secara teratur bagi kesehatan. Aktivitas yang terkesan sepele dan murah meriah, namun nyatanya berjalan kaki secara teratur mengandung banyak manfaat.