5 Hal yang Patut Dibanggakan dari Timnas Jepang di Piala Dunia 2018

Seperti yang kita ketahui bahwa tim sepak bola Jepang mengalami kekalahan ketika menjamu tim sepak bola dari Belgia. Skor akhir 2-3 menandakan bahwa Jepang harus mengakui bahwa tim sepak bola Belgia lebih unggul daripada timnya. Jepang menjadi salah satu tim di piala dunia yang harus memupuskan harapannya untuk melaju ke babak enam belas besar. Mimpi tim Jepang ini harus pupus tatkala usai menjamu Belgia pada Selasa 3 Juli 2018 kemarin. Padahal permainan yang sangat bagus sudah di tunjukan oleh pemain tim Jepang ketika menjamu Belgia kemarin. Tetapi memang harus tim Jepang akui bahwa tim Belgia lebih hebat dari tim negaranya.

Berbicara tentang berita olahraga, apalagi sepak bola tentu saja tidak jauh dengan adanya suporter. Jika di Indonesia yang namanya suporter bola terkenal dengan sifat dan sikap anarkisnya daripada sifat bijaknya. Jika sudah menonton sebuah pertandingan yang menampilkan tentang tim yang di dukung dengan tim lawan pasti selalu ada bentrok yang tidak dapat dihindari. Apalagi jika tim yang di dukung oleh suporter tersebut mengalami kekalahan maka akan terjadi serang menyerang antar suporter tim bola yang di dukungnya. Baik itu penyerangan dalam bentuk perkataan atau bahkan menyerang secara fisik. Dan berita meninggalnya suporter bola akibat bentrok sudah menjadi hal yang wajar di Indonesia.

Meski tidak semua suporter bola di Indonesia memiliki sikap anarkis yang sama. Hal ini berbeda dengan suporter dari negara Jepang. Meski kecewa dengan skor akhir 2-3 tetapi suporter tim Jepang malah melakukan hal-hal yang bisa di bilang dapat menjadi contoh untuk suporter tim yang lain. Adapun hal-hal yang di lakukan oleh para suporter tim Jepang setelah timnya kalah kemarin adalah sebagai berikut.

  1. Menerima dengan lapang dada kekalahan tim Jepang

Namanya pertandingan hasil menang atau kalah adalah hal yang biasa. Karena tidak mungkin ketika dua klub bertemu dan bertanding keduanya mengalami kemenangan. Pasti ada yang satu kalah dan yang satunya menang. Ketika mengetahui bahwa timnya mengalami kekalahan hal yang menajubkan di lakukan oleh suporter tim Jepang yaitu menerima dengan lapang dada tentang hasil akhir yang tidak sesuai harapan tersebut.

  1. Memunguti sampah usai pertandingan

Nah salah satu sikap terpuji yang di lakukan oleh suporter tim Jepang kemarin adalah memunguti sampah sisa makanan yang di bawa ketika menonton pertandingan Jepang kontra  Belgia kemarin. Meski tim Jepang kalah tidak lantas membuat suporter dari tim Jepang marah dan begitu saja meninggalkan stadion tetapi suporter tim Jepang ini sebelum pulang memastikan terlebih dahulu tentang kebersihan bangku stadion yang mereka pakai. Wah bisa menjadi contoh nih untuk suporter bola di Indonesia.

  1. Bekerjasama membersihkan sampah dengan suporter negara lain

Dari gambar di atas dapat terlihat bahwa sesama suporter haruslah menghargai dan memiliki toleransi yang tinggi. Sehingga meskipun tim yang di dukungnya kalah tidak lantas saling bentrok dengan suporter dan saling menghina satu dengan yang lainnya. Toleransi yang di bawa oleh suporter tim Jepang ini memang pantas untuk di acungi jempol. Meski tim nya kalah tetapi solidaritas antar suporter adalah hal yang utama.

Nah itu tadi beberapa hal yang di lakukan oleh suporter tim Jepang ketika timnya kalah ketika menjamu Belgia kemarin. Benar-benar sikap yang harus di contoh ya!