Ini tempat objek wisata di kota Bogor

Bogor merupakan salah satu kota populer yang ada di Jawa Barat bahkan Indonesia.
Kondisi topografi yang strategis menjadikan Bogor sebagai tujuan para wisatawan terutama dari Jakarta dan Cianjur . Berikut tempat dan objek wisata di kota Bogor yang bisa anda coba mengunjungi salah satu yang saya rekomendasikan.
1. Kawasan Puncak
gantole puncak
Puncak merupakan salah satu objek wisata pilihan di kota Bogor , kondisi alam yang ditumbuhi banyak pohon teh menjadikan puncak jadi harapan para wisatawan untuk menikmati dinginnya udara segar .
Dari sisi transportasi memang tidak sulit untuk di capai , pada kondisi jalan normal dapat ditempuhbse sekitar 40 menit dari pusat kota Bogor melewati Ciawi dan Cisarua.
Hal yang paling menarik di sini anda dapat melihat pemandangan alam yang ekosotis , udara sejuk sambil menyantap kuliner dan sekoteng hangat . Banyak para wisatawan daru Jakarta mengunjungi objek wisata ini terutama pada hari libur .
Bila anda pecinta parasut maka disini juga ada akomodasi parasut di Gantole , biaya masuknya sekitar 20 ribu saja beserta kendaraan. Jika anda lupa tidak membasa parasut anda juga bisa menyewa di sini dengan harga yang sesuai kantong.
Di Gantole , kita juga bisa melihat langsung kota Bogor dan sekitarnya , masjid Atta Awwun dan jajaran kios-kios warga sekitar .
Selain itu , di kawasan puncak juga ada tempat pilihan seperti telaga warna , gunung emas dan kawasan kebun teh terpadu , tidak jarang para artis juga berkunjung ke sini ataupun sambil shooting film .
2. Istana Presiden
foto istana presiden bogor
Berada di pusat kota Bogor , istana presiden digunakan sebagai tempat peristirahatan dan kegiatan presiden beserta kabinet kerjanya .
Di Istana ini kita bisa melihat berbagai koleksi naskah kuno , lukisan dan berbagai peninggalan sejarah.
Pada areal halamannya dilengkapi dengan ratusan rusa , pohon berumur ratusan tahun dan taman . Para warga biasanya memberikan makanan berupa wortel dari luar sambil memotret indahnya rusa yang terus menyapa anda .
3. Curug Putri Kencana
foto curug putri kencana
Untuk mencapai objek ini hanya memerlukan waktu 1,5 jam dari pusat kota ( tugu hujan ) menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum seperti angkot dan minibus.
Ditengah perjalanan kita akan dimanjakan dengan pemandangan pohon-pohon yang hijau lebat sekaligus udaranya yang sangat sejuk.
Curug Putri Kencana atau disebut Curug Hejo ini berada di wilayah sentul tepatnya di Babakan Madang , Sentul kabupaten Bogor.
Terdapat area tempat motor dan berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai curug putri kencana . Setelah sampai disana anda bisa melihat pesona alam curug putri kencana dari dekat , hemburan air yang langsung dari gunung ini terasa segar dan jernih disambangi suara burung di atas pohon-pohon rindang.
Curug ini memiliki tebing sekitar 5 meter dan anda bisa mencoba jumping dari atas tebing ini , bisa juga berenang. Air yang jernih dan bersih dari sampah menambah suasana wisata yang menyenangkan . Jadi kalau anda berlibur ke sini jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya supaya keasrian curug ini tetap terjaga.
4. Momo Milk
momo milk bogor
Momo Milk Merupakan tempat wisata kuliner pilihan di Bogor yang bisa anda jajal . Menu yang ditawarkan mulai dari fresh milk, yoghurt,milk shake sampai hot milkyang enak di minum saat udara sedang dingin.
Alamat : Jl. Kantor Pos no.6 Bogor
5. Museum Zoologi
foto museum zoologi bogor
Merupakan wisata sejarah di kota Bogor , di dalamnya disimpan berbagai jenis daun-daunan,fosil hewan dan buah-buahan yang dikeringkan dari negeri asalnya.
Museum ini didirikan pada tahun 1894 dengan nama Landbouw Zoologisch Laboratorium atas prakarsa J.C Koningsberger ahli botani kebangsaan Jerman.
Museum ini dibagi menjadi dua . Yang pertama dibuka untuk umum yang difungsikan sebagai pusat pameran fosil , daun dan buah-buahan . Saat hari normal banyak para pengunjung terutama mahasiswa dan pelajar mengunjungi situs ini . Disana kita bisa melihat secara langsung berbagai koleksi fosil sambil belajar, museum ini terletak di balai kota Bogor tepatnya di Jl. Ir.H.Juanda No.9 .
Sedangkan bangunan kedua dijadikan sebagai pusat penelitian Zoologi LIPI yang terletak di Jl.Raya Jakarta – Bogor Km.46 Cibinong Bogor.
6. Etnobotanic Bogor
foto museum etnobotani bogor
Merupakan satu bangunan gedung Hebarium yang merupakan tempat penyimpanan fosil tanam-tanaman , daun-daunan yang telah membantu dan kerajinan alat rumah tangga yang terbuat dari berbagai jenis bahan yang digunakan di seluruh Indonesia sejak zaman dahulu hingga kini.
Museum ini diresmikan oleh Prof.DR.BJ.Habibie pada tahun 1982 di dalamnya ada sekitar 2000 artefak etnobotani dan berbagai diorama pemanfaat flora.
Batu Tulis Ciaruten , Prasasti yang berupa batu tulis ini adalah bekas peninggalan Raja Purnawarman yang memerintah kerajaan Tarumanegara pada tahun 450 M.
Alamat :
Jl.Ir.H.Juanda No.24 , Bogor
7. Taman Safari
foto taman safari bogor
Jika anda ingin hiburan keluarga maka patut mencoba taman safari Indonesia yang berada di desa Cibeureum atau sekitar 3 km dari Bogor . Taman ini dibangun diatas lahan sekitar 55 Ha di daerah Cisarua .
Di dalam taman ini anda dapat melihat berbagai macam jenis satwa yang berasal dari berbagai negara . Salah satu yang sering anda lihat di sini adalah burung , gajah , badak , anoa , macan dan satwa liar lainnya .
Akomodasi yang lainnya juga berupa kolam renak anak , air terjun , kincir raksasa , rumah hantu dan pagelaran seni . Sedangkan fasilitas yang disedikan berupa restoran , cafetaria, masjid dan lainnya.
Itulah beberapa tempat dan objek wisata di Bogor yang bisa saya share kali ini , semoga bermanfaat dan jadikan blog ini sebagai referensi ya…heheh

Ayo share cerita wisatamu di sini pada kolom komentar ..

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan