Ini loh tips agar tidak terjerumus Narkoba

Narkoba menjadi tantangan besar bagi kita untuk melawannya karena diibaratkan sebagai jamur di musim hujan, sudah banyak masyarakat Indonesia khususnya anak muda sudah terinfeksi gaya hidup yang tidak etis . Banyak juga korban dari Narkoba sehingga anda sebaiknya mengetahui tips untuk mencegahnya.

Berikut tips agar kamu tidak terjerumus ke narkoba seperti dilansir oleh BNN.GO.ID .

1. Pahami bahaya

Pahami dan ketahui lebih mendalam tentang bahaya dan akibat yang ditimbulkan dari penggunaan narkoba. Anda bisa mencarinya di media internet,televisi,guru sekolah,penyuluhan dan atau majalah/koran . Dengan mengetahui hal tersebut setidaknya anda mendapat penjagaan diri untuk tidak melakukannya.

2. Mental

Persiapkan mental mu sekuat mungkin , ketika teman anda menawarkannya maka tolaklah.

3. Katakan ” TIdak “

Jika teman anda menawarkan atau mengajak maka katakanlah tidak untuk menggunakannya , siapkan alasan yang dapat dipakai , alihkan pembicaraan jika kamu mulai disudutkan. Atau jika memang mereka memaksa mengajak maka cara yang paling baik adalah meninggalkan tempat dan teman anda . Carilah teman yang lebih sehat lagi supaya masa depanmu tidak hancur.

4. Cita-cita

Cita-cita menjadi kepribadian seorang yang ingin sukses dimasa mendatang, kita yakin bahwa narkoba itu tidak ada untungnya bagi kita malahan akan merusak tubuh dan masa depan.

5. Kegiatan Positif

Lakukan kegiatan yang bersifat positif untuk perubahan hidup ke arah yang lebih baik.

6. Pilih teman

Pilihlah teman yang mempunyai tujuan hidup yang sehat , jangan sampai anda salah gaul karena umumnya seseorang mencoba untuk mengonsumsi narkoba adalah pergaulan yang salah. 

Bukan hanya itu saja sebenarnya agar tidak terjerumus narkoba, masih banyak cara yang bisa kita/orang tua lakukan dalam mendidik anaknya seperti pendekatan kognitif dari orang tua, guru dan sekolah. Tujuan pendekatan tersebut adalah untuk mengurangi persepsi negatif dan dan mengubah kesalahan berfikir serta keyakinan diri yang keliru.

Ajarkan anak anda untuk bisa mengendalikan prilaku yang tidak diinginkan seperti memberikan tindakan preventif sehingga anak dapat dibimbing ke arah yang positif. Namun jika anak anda sudah terlanjur terlibat narkoba maka sebagai orang tua sebaiknya tidak ” meninggalkan ” mereka dalam upaya penyembuhan sendiri , anda juga harus terlibat sepenunya supaya pecandu mendapatkan dukungan moril. Jika pecandu sudah keluar dari rehabilitasi maka sebaiknya untuk mengikuti program lanjutan agar dampak ingatan dari narkoba tidak menimbulkan masalah lanjutan pula.

Sebagai anak, orang tua dan teman harus saling melindungi dan mengingatkan ke yang lain untuk menjauhi narkoba , ingat ya narkoba itu akan menjadi bumerang bagi generasi bangsa Indonesia, Say No ti Drugs. !!!

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan