Ini dia tips mengatur keuangan pribadi

Mengatur keuangan pribadi bagi kita sangat diperlukan agar kehidupan keuangan kita tetap stabil walaupun ada badai yang akan datang terutama bagi generasi muda yang masih tidak memiliki beban  hidup yang besar terkecuali bagi orang yang sudah berumah tangga mengatur keuangan bisa dibilang susah-susah gampang.

Penyesuaian keuangan yang dirintis saat masih muda adalah modak utama untuk kestabilan ekonomi dimasa yang akan datang, apalagi anda yang masih muda dan mempunyai banyak duit setidaknya ketahui hal berikut untuk mengaturnya sehingga di masa kelak akan ada cadangan yang bisa anda andalkan, jangan sampai badai datang anda belum siap dan inilah salah satu yang akan menjadi bumerang bagi ekonomi anda. Untuk mengatasinya , berikut tips mengatur keuangan pribadi yang bisa anda lakukan mulai hari ini.

1. Mengetahui pendapatan,pengeluaran bulanan

Sebagai generasi muda , patut kita laksanakan dalam mengatur keuangan adalah dengan cara mengetahui pendapatan dan pengeluran per bulan anda. pikirkan ulang terlebih dahulu sebelum melakukan pengeluaran untuk berjaga-jaga ( jangan sampai boros )  , hal ini didasarkan pada pola anak muda yang selalu lupa dan tidak terkendali dalam pengeluaran sehingga uang yang telah didapatkan hanya menyisakan kenangan saja. Memang sudah jadi tren anak muda pengeluaran yang tidak sebanding dengan pendapatan karena alasan bahwa mereka tidak punya beban terlalu berat sehingga seenaknya mereka menggunakan uangnya padahal jangan seperti itu sebenarnya, mumpung masih punya pengahasilan cobalah untuk disiplin dalam pengelolaan keuangan anda. Memang sih itu uang anda dan mempunyai hak untuk menggunakannya tapi ingat suatu saat ” badai “akan datang , jika hal ini dibiarkan kapan anda bisa bertahan dalam menghadapi badai tersebut ?.

2. Menabung

Pernahkan anda mendengar istilah ” nikmatilah hidupmu di usia muda ” ? yups memang betul hal tersebut untuk dinikmati namun dibalik semua itu anda juga jangan terlalu terlena dengan ungkapan tersebut pasalnya kenikmatan di usia muda bukan hanya dari segi ekonomi saja melainkan banyak hal yang bisa kita nikmati. Jika anda mengabaikan tata kelola keuangan bukan tidak mungkin tidak akan merasa cukup dengan penghasilan anda. Mencoba untuk disiplin menabung adalah kunci investasi di masa mendatang dan memudahkan kita dalam menghadapi masalah kuangan , cobalah untuk menyisipkan uang anda setidaknya 20 persen dari pendapatan ke rekening anda. Dengan membiasakan menabung memudahkan berjalannya keinginan untuk berambisi menjadi modal usaha,nikah dan lainnya. Dengan cara ini anda tidak perlu repot-repot minta uang sana sini bukan ??.

3. Bikin dana darurat

Selain menabung, mengatur keuangan pribadi juga harus membuat dana darurat. Dana tersebut beda dengan menabung ketika ada suatu hal yang tengah diperlukan maka anda bisa menggunakan dana tersebut tanpa memotong uang tabungan anda.

4. Kendalikan nilai hutang

Bukan tidak mungkin bagi kita tidak memiliki hutang, semua orang pasti mempunyai hutang untuk memenuhhi kebutuhannya seperti angsuran motor ataupun tagihan kartu kredit. Timbulnya hutang tersebut merupakan ambisi anda untuk menginginkan sesuatu dalam waktu singkat. Sebelum anda membuat ” catatan hutang ” sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda untuk membayarnya per bulan. Jangan sampai dana darurat ,tabungan,uang jajan tergerus untuk membayar hutang karena akan membuat anda pusing.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan pribadi khususnya bagi jiwa yang masih muda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya,,,

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan