Masa kehamilan merupakan masa yang paling dinantikan oleh pasangan suami istri, untuk itulah para ibu hamil hendaknya menjaga kandungannya selama masa kehamilan agar semuanya berjalan lancar hingga bayi terlahir ke dunia. Salah satu cara untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat adalah dengan menkonsumsi makanan yang sehat, buah-buahan contohnya. Buah-buahan mengandung air serta vitamin yang banyak sehingga penting untuk kesehatan ibu hamil. Dengan buah yang banyak, ibu hamil tidak akan merasakan dehidrasi yang berdampak buruk pada kandungan. Jambu air merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk dikonsumsi selema kehamilan. Manfaat jambu air salah satunya adalah mampu memberikan gizi dan nutrisi pada ibu hamil yang memang sedang membutuhkan banyak kandungan gizi.

Buah jambu air mengandung beberapa zat yang baik untuk tubuh, antara lain thiamin, riboflavin, zat besi, vitamin A, vitamin C, zinc, magnesium, niacin, potassium, dan lain sebagainya. Karena kandunga yang banya tersebuh, buah jambu air snagat disarankan untuk ibu hamil. Berikut ini dipaparkan secara lengkap manfaat jambu air untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

  1. Menjaga kesehatan mata ibu hamil

Kandungan vitamin A yang terdapat pada jambu air mampu menjaga kesehatan mata ibu hamil. Tak hanya itu, kandungan vitamin tersebut juga dapat membuat perkembangan mata janin menjadi optimal. Untuk itulah para ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi jambu air demi kesehatan mata ibu dan bayi.

  1. Mengandung vitamin B3 dan B6 yang mampu mengotimalkan kecerdasan janin

Jambu air juga mengandung vitamin B3 dan B6 yang berguna untuk mengoptimalkan kecerdasan janin. Ketika ibu hamil mengkonsumsi jambu air, kandungan vitamin inilah yang membuat kecerdasan janin menjadi optimal.

  1. Mengatasi sembelit

Kandungan air pada jambu biji dapat membantu ibu hamil mebgatasi sembelit yang kerap terjadi selama masa kehamilan. Sembelit merupakan keluhan yang wajar terjadi selama kehamilan, dan keluhan tersebut dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi buah jambu air.

  1. Mencegah anemia pada ibu hamil

Manfaat jambu air lainnya adalah mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil karena jambu air mampu membantu proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Alhasil, penyakit anemia yang kerap menyerang ibu hamil dapat dicegah sedini mungkin.

  1. Menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh

Dengan mengkonsumsi jambu air, ibu hamil dapat meresakan manfaat kesehatan lebih. Hal ini dikarenakan jambu air dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel serta jaringan yang ada dalam tubuh. Ibu hamil pun tidak mudah terserang penyakit selama masa kehamilan.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Jambu air juga mengandung nutrisi yang mampu melancarkan sirkulasi darah pada ibu hamil. Dengan sirkulasi darah yang lancar, ibu hamil dapat menjalankan aktivitas harian dengan lebih optimal.

  1. Mencegah siare pada ibu hamil

Ibu hamil cukup rentan terserang diare pada saat hamil, dan denfan jambu air resiko tersebut dapat dihindari. Dalam hal ini ibu hamil dihimbau untuk mengkonsumsi jambu air dalam jumlah yang banyak agar tidak terkena diare.

  1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Ketimbang mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan manis, lebih baik ibu hamil banyak mengkonsumsi jambu air demi menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan air yang banyak pada jambu air dapat membersihkan gigi dan mulut sehingga kebersihan dan kesehatannya pun terjaga.

  1. Menjaga kesehatan kulit pada ibu hamil

Jambu air yang kaya air dapat membantu ibu hamil menjaga kesehatan kulit. Jambu air mengandung vitamin C dan vitamin E yang sangat baik untuk melembapkan dan melenturkan kulit wajah serta tangan. Kadungan vitamin ini juga sangat baik untuk janin yang ada di dalam kandungan.

  1. Melancarkan buang air kecil

Tak hanya melancarka BAB saja, jambu air juga dapat membantu ibu hamil melancarkan baung air kecil. Hal ini dikarenakan kandungan air yang banyak pada jambu air sehingga proses pembuangan urine pun menjadi lancar.

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Karena proses buang air kecil yang lancar, ginjal pun mendapat dampak yang baik. Ginjal terjamin kesehatannya karena proses pembuanagn urine yang mudah dan lancar.

  1. Mencegah dan mengatasi bengkak pada ibu hamil

Pada trimester terakhir, ibu hamil jga rentan terserang bengkak pada seluruh tubuh. Hal ini dapar dicegah dan diminimalisir dengan jambu air yang kaya air dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan pun dapat terjaga dengan baik.

  1. Menjaga kebugaran tubuh

Karena vitamin yang banyak pada jambu air, kesehatan serta kebugaran tubuh ibu hamil pun dapat terjaga dengan baik. Tubuh ibu hamil pun menjadi segar, bugar serta terbebas dari lemas dan letih.

  1. Mendukung perkembangan janin

Tak hanya baik untuk ibu hamil, jambu air juga sangat baik untuk mendukung perkembangan janin. Janin dapat berkembang secara optimal dengan cepat karena kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada jambu air.

  1. Memelihara sistem pencernaan

Jambu air juga mampu menelihara sistem pencernaan pada ibu hamil. Sostem pencernaan yang lancar tentu akan membuat masa kehamilan tidak renan dengan resiko dan penyakit.

Itulah beberapa manfaat jambu air pada ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Ibu hamil dapat mengkonsumsi jambu air setiap hari selama masa kehamilan karena kandungan nutrisinya yang baik.