Calon ibu mana sih yang tidak senang saat dirinya sedang dalam kondisi hamil? Ya, tentu saja mereka akan sangat senang, sebab kehamilan merupakan dambaan bagi setiap calon ibu. Pada usia kehamilan muda, biasanya akan ditandai dengan beberapa gejala lho. Lantas, seperti apa sajakah tanda-tandanya? Ada morning sickness, mudah lelah dan mengantuk dan lain sebagainya. Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini :

  1. Morning Sickness

Mungkin sebagian besar dari ibu hamil masih belum terlalu familiar dengan istilah “ Morning Sickness “. Perlu anda ketahui, morning sickness adalah sebuah kondisi mual dan muntah-muntah, yang biasanya akan terjadi pada usia kehamilan muda di pagi hari. Selain terjadi di pagi hari, kondisi morning sickness ini juga terkadang terjadi pada siang dan malam hari lho. Lantas, apa yang menjadi penyebabnya? Menurut para dokter kandungan, kondisi morning sickness ini disebabkan karena adanya peningkatan hormone HGC (Human Chorionic Gonadotrophin) secara mendadak.  Biasanya kondisi morning sickness ini akan hilang dengan sendirinya, ketika memasuki kehamilan trimester kedua.

  1. Mudah Lelah dan Mudah Mengantuk

Tanda-tanda kedua pada usia kehamilan muda, yakni tubuh yang mudah lelah dan sering mengantuk. Mengapa bisa demikian? Ya, hal itu dikarenakan adanya peningkatan pada kinerja organ tubuh vital seperti paru-paru, jantung, hingga organ ginjal. Selain itu, kondisi ini juga dikarenakan adanya perubahan hormonal, sehingga perut anda juga akan terlihat semakin membesar.

  1. Ukuran Payudara Yang Membesar

Pada usia kehamilan muda, biasanya akan terjadi peningkatan produksi hormone esterogen dan progesterone yang akan membuat payudara anda akan menjadi semakin lembut, puting membesar yang disertai dengan perubahan warnanya yang menggelap. Bahkan, kondisi ini juga terkadang menimbulkan rasa gatal di area payudara. Tak hanya itu saja, pembuluh vena pada payudara anda juga akan mengalami penegangan sehingga ukurannya tampak terlihat lebih besar dari sebelumnya.

  1. Muncul Flek Darah Yang Disertai Kram Pada Perut

Tanda-tanda berikutnya yang sering terjadi pada usia kehamilan muda, yaitu munculnya flek darah yang disertai kram pada perut. Meski tidak semua wanita hamil akan mengalaminya, namun sebagian besarnya selalu dihadapkan pada kondisi ini. Flek darah tersebut akan muncul sebelum memasuki masa menstruasi yang akan dating.

Biasanya, flek darah ini akan terjadi pada rentang waktu 8 – 10 hari setelah terjadinya proses ovulasi. Bercak darah ini adalah ciri-ciri hamil yang disebabkan adanya implantasi, atau dikarenakan proses penempelan embrio pada bagian dinding rahim.  Tak hanya sampai disitu saja, kondisi tersebut juga akan disertai dengan kram pada area perut yang akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester ketiga lho!

  1. Indera Penciuman Menjadi Sensitif

Penciuman anda akan sangat sensitive pada aroma-aroma tajam seperti wangi parfum, bumbu masakan, dan aroma-aroma tajam lainnya. Perubahan indera penciuman yang menjadi sensitive ini dikarenakan adanya peningkatan hormone esterogen.

  1. Mood Menjadi Tidak Setabil

Selain adanya perubahan pada indera penciuman, di usia kehamilan muda ini juga anda akan mengalami perubahan pada tingkat mood yang menjadi tidak stabil. Ya, dalam fase ini anda akan mudah marah dan juga mudah sedih, yang biasanya sering terjadi di pagi hari.

  1. Sering Membuang Urine (kencing)

Tanda-tanda terakhir yang sering terjadi pada usia kehamilan muda, yakni sering buang air kecil alias kencing. Ya, kondisi ini disebabkan karena adanya peningkatan sirkulasi darah.

Itulah beberapa tanda-tanda yang kerap muncul pada usia kehamilan muda. Ya, dengan mengetahuinya, tentu saja anda dapat melakukan hal-hal yang tepat selama masa kehamilan.