Ini Cara Membedakan Toko Online Terbaik dan Palsu


Keberadaan toko online saat ini memang memberikan suatu manfaat tersendiri bagi banyak orang. Selain kemudahan dalam bertransaksi, toko online juga kerap kali mengadakan promo sehingga membuat barang yang dijual cenderung lebih murah dibandingkan dengan toko konvensional. Akan tetapi, saat berbelanja online, sebaiknya anda juga memastikan bahwa anda membeli di toko online terbaik.

Ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan berbelanja di toko online terbaik. Di antaranya seperti kualitas barang, pengiriman yang tepat waktu, dan bahkan pengiriman gratis. Selain itu, toko online terbaik dapat menjamin keamanan transaksi anda. Untuk itu, anda perlu mengetahui bagaimana ciri dari toko online terbaik dan toko online palsu.

  • Sistem pembayaran COD atau Rekber

Toko online terbaik biasanya menawarkan beberapa alternatif cara pembayaran, misalnya transfer bank, Cash On Delivery, atau Rekening Bersama. Toko online palsu biasanya tidak menerima sistem pembayaran dengan Rekening Bersama atau COD. Kalaupun ada yang menerima pembayaran COD, biasanya mereka akan memberikan syarat dengan terlebih dahulu membayar DP dalam jumlah tertentu. Jika anda menemukan toko online seperti ini, lebih baik anda menghindarinya.

  • Alamat website

Jika anda berada di lokasi yang cukup jauh dengan penjual sehingga tidak mungkin melakukan pembayaran dengan cara COD, maka pastikan anda melakukan pembelian di situs yang aman. Salah satu caranya adalah dengan melihat alamat website tersebut. Toko online terbaik yang serius akan rela mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya websitenya.

  • Harga barang

Selanjutnya, jangan tertipu dengan harga barang yang terlalu murah. Cara ini biasa dilakukan oleh para penipu yang menjual barang elektronik. Mereka akan memasang harga sangat murah sehingga konsumen tergiur. Biasanya mereka akan mengatakan bahwa barang tersebut adalah barang ilegal atau selundupan, sehingga terkesan bahwa harga murah tersebut adalah wajar.

  • Nomor rekening

Toko online palsu biasanya hanya memiliki satu rekening, atau beberapa rekening dengan nama yang berbeda. Selain itu, mereka juga cenderung mengganti-ganti nomer rekening karena nomer rekening sebelumnya sering kali diblokir dengan alasan penipuan. Toko online terbaik biasanya memiliki beberapa rekening dengan nama yang sama dan jarang melakukan penggantian nomer rekening. Atau beberapa toko online terbaik juga memiliki sistem virtual akun tersendiri.