Ingin Belajar Bermain Piano? Kenali Bagian-Bagian Penting pada Piano

Bagi penggemar musik klasik, nama Ludwig Van Beethoven, Frederic Chopin, Wolfgang Amadeus Mozart, dan Johan Sebastian Bach tentunya sudah sangat tidak asing didengar. Yup, nama-nama tersebut merupakan deretan pianis legendaris yang paling terkenal di dunia. Tak hanya di mancanegara, Indonesia juga punya lho pianis lokal terkenal yang mendunia yakni baru-baru ini ada seorang pianis cilik yang berhasil masuk nominasi Grammy Awards yakni Joey Alexander. Keren bukan? Menjadi pianis banyak menjadi cita-cita orang yang suka dengan musik. Namun sebelum benar-benar terjun sebagai seorang pianis, diperlukan beberapa pengetahuan mendasar yang penting untuk diketahui.

Dalam menjadi seorang pianis tentulah bukan hal yang mudah pada awalnya. Diperlukan latihan rutin dan pengetahuan tentang fungsi dari bagian piano yang dimainkan. Banyak orang yang belajar main piano tetapi mereka tidak mengetahui apa saja bagian-bagian yang ada pada piano serta fungsinya. Padahal hal ini tentu sangat penting untuk diketahui. Nah, dibawah ini ada beberapa penjelasan mengenai apa saja sih bagian-bagian penting dalam alat musik piano yang kemudian menjadikan piano sebagai penghasil nada merdu nan jernih?

  • Tuts piano. Bagian piano yang satu ini tentunya menjadi bagian piano yang paling mudah dikenali. Terdiri dari warna hitam dan putih, tuts piano merupakan bagian piano yang ketika ditekan maka akan mendorong martil ke dawai sehingga mengeluarkan nada. Namun tahukah anda, ternyata tuts piano ini pada awal ditemukannya justru hanya terdiri dari warna putih. Seiring perkembangannya, tuts piano kemudian dibuat warna putih dan hitam agar tidak terkesan monoton dan membantu memudahkan untuk mempelajari cara bermain piano.
  • Ketika tuts piano ditekan, selanjutnya martil berfungsi sebagai pemukul dawai. Martil ini seringkali dianggap bagian paling sepele dalam piano. Tetapi jika tidak ada martil, maka piano tidak akan berfungsi dengan baik. Untuk itulah pada intinya semua bagian dalam piano menjadi penting untuk dapat menghasilkan nada yang pas.
  • Nah untuk bagian piano yang satu ini adalah bagian paling penting dalam alat musik piano, dimana fungsinya adalah untuk menghasilkan bunyi denting khas piano yang dihasilkan melalui dorongan martil. Tanpa dawai, suara piano tidak dapat dihasilkan.
  • Bagian piano yang satu ini mungkin masih asing bagi orang awam. Jika pianis secara kasat mata terlihat hanya bermain dengan jari dan tuts piano, ternyata kakinya juga bergerak pada pedal piano. Terletak di bagian bawah piano yakni di posisi kaki, pedal sendiri memiliki fungsi untuk menciptakan suara piano yang lebih kuat dan lantang. Pedal juga menjadi salah satu bagian khas piano yang membedakannya dengan alat musik keyboard.
  • Badan piano. Bagian piano ini merupakan ruang dalam piano yang membantu mengeluarkan suara gema dari alunan dawai. Melalui badan piano, semua bagian-bagian piano dikemas dalam satu keutuhan body piano. Badan piano juga berfungsi untuk memperindah tampilan alat musik piano.

Demikianlah beberapa fungsi pada bagian-bagian utama alat musik piano. Melalui bagian-bagian tersebutlah kemudian tercipta suara khas piano yang jernih. Pada dasarnya, pengetahuan tentang bagian-bagian utama dalam piano tentu seharusnya menjadi pengetahuan paling dasar yang harus diketahui sebelum mempelajari cara bermainnya. Dengan mengetahui fungsi dari bagian-bagiannya ini, maka kita dapat memahami secara lebih detail tentang dari mana asal bunyi yang dihasilkan alat musik yang dimainkan.