Hubungan Seks Jaga Kesehatan Tubuh

Dalam usaha mencapai kebugaran tubuh secara menyeluruh, kita kadang-kadang lupa akan latihan dasar yang bukan saja enak dilakukan, tetapi juga membawa kebaikan, yaitu aktivitas seks. Para dokter dan ahli psikologi mengakui bagaimana pentingnya kehidupan seks yang baik untuk kesehatan dan kebugaran lahir batin.

Bagi pria, kehidupan seks yang sehat dan teratur, membantu menjaga kelenjar prostat agar tetap dapat berfungsi dengan baik. Prostat memiliki dua fungsi pokok; pertama, menyediakan cairan untuk ejakulasi. Kedua,.bertindak sebagai rintangan terhadap bakteri, yang menulari penis setiap hari, sehari penuh.

Itu sebabnya, kenapa seorang pria tidak terkena infeksi secara teratur. Para dokter berteori mengenai kemampuan prostat dalam melawan bakteri, yang didasarkan atas observasi klinis, yaitu kaum pria bisa terkena infeksi prostat apabila kelenjar tersebut tersumbat hingga tidak dapat berfungsi. Karena itu, melakukan kegiatan seks secara teratur akan sangat membantu mencegah terjadinya kongesti seperti itu.

Bagi wanita, keuntungan kesehatan yang mungkin didapat dari kehidupan seks yang aktif, antara lain berupa hilangnya rasa nyeri di punggung bagian bawah dan berkurangnya sindrom pramenstruasi (SPM).

Barangkali sumbangan paling nyata bagi kesehatan badan adalah, cara seks menghilangkan ketegangan. Bukan saja ketegangan yang timbul sewaktu bermain cinta, tapi juga ketegangan sehari-hari yang menumpuk di pikiran Anda dan diperlihatkan tubuh. Tentu saja gerak badan yang teratur, seperti aerobik dan latihan berat sangat efektif untuk menghilangkan ketegangan, tetapi seks memiliki kemanjurannya sendiri.

Hubungan cinta melibatkan sebuah siklus ketegangan dan pelepasan yang dirasakan, begitu Anda mulai melakukannya. Pada saat-saat awal sewaktu berlangsung “permainan pendahuluan”, jantung Anda berdebar lebih cepat dengan memanasnya suhu badan dan kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan pasangan Anda. Darah mengalir masuk ke bagian pinggul. Pada pria, hal itu menyebabkan timbulnya ereksi. Pada wanita, vagina membengkak dan menjadi licin karena cairan dan klitoris menjadi tegak. Dapat dimengerti kalau badan Anda menafsirkan semua yang terjadi sebagai ketegangan. Pinggul Anda menjadi tegang, sama halnya dengan otot-otot di sekujur tubuh hingga mencapai titik puncak kenikmatan (orgasme), yang melepaskan segala ketegangan dan mengubahnya menjadi rasa santai penuh kepuasan.

Kehidupan seks yang aktif, bisa juga membantu mencegah serangan kanker dari jenis-jenis tertentu pada wanita. Riset menunjukkan, biarawati dan wanita lainnya yang berpantang seks lebih berkemungkinan terkena kanker payudara, kanker indung telur atau rahim dibandingkan dengan wanita yang melakukan hubungan seks. Kuncinya ternyata pada ovulasi.

Manfaat-manfaat fisik ini amat kecil bila dibandingkan dengan yang dapat dilakukan kehidupan cinta yang memuaskan, bagi rasa percaya diri dan kesan pribodi Anda. Seseorang akan merasa dirinya lebih menarik apabila ia merasa dicintai dan diurus pasangan yang setia.  Ternyata hubungan seks bisa menjaga kesehatan tubuh, lahir dan batin.