Hal yang harus diperhatikan Dalam Asuransi Syariah

Memiliki Dewan Pengawas Lembaga Syariah

Setiap perusahaan yang menggunakan sistem syariah harus memiliki Dewan Pengawas Lembaga Syariah karena dewan ini akan memperhatikan dan memberikan nasihatnya apakah perusahaan telah melaksanakan sistem syariah yang benar atau belum. Mereka memiliki sebuah tim dan akan membantu perusahaan asuransi syariah untuk tetap berada di dalam jalur syariah yang tepat.

Pahami Akad Asuransi

Akad berisi kontrak hukum mengenai hak dan kewajiban klien maupun perusahaan. Sesuai dengan ketentuan syariah, akad akan sangat penting menentukan kesesuaian dan keadilan dalam bertransaksi begitupun dalam asuransi syariah. Perhatikan ketentuan pembayaran premi dan polis dalam ilustrasi akad yang diberikan.

Jangan sungkan untuk bertanya terutama jika Anda masih awam dalam dunia asuransi. Mengetahui secara detail apa yang ada di dalam akad akan sangat membantu Anda untuk menjalankan sistem asuransi syariah.

Pahami Sistem Pengelolaan Dana

Di dalam ketentuan syariah, dana yang diberikan oleh klien harus dikelola sesuai dengan aturan-aturan syariah yang mengacu kepada Al-Qur’an dan Al-Hadist dimana diatur dalam sistem Mudharabah. Selain itu, pengelolaan dana juga harus jauh dari larangan Islam seperti riba.