Gunung Gede Pangrango , destinasi wisata alam indah nan mempesona

Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung yang berada di provinsi Jawa Barat yang dijadikan sebagai destinasi wisata alam yang indah dan mempesona. 

Puncak Gunung Gede Pangrango

Gunung ini ditetapkan sebagai Taman Nasional ( TN ) oleh pemerintah pada tahun 1980  dengan luas diperkirakan sekitar 21.985 Ha yang meliputi dua puncak yaitu Puncak Gede dan Pangrango

Jika kamu adalah seorang traveler , maka tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki gunung ini yang berada diantara Cianjur , Bogor dan Sukabumi dengan segudang tantangan . 

Saya sendiri pernah melakukan pendakian beberapa bulan lalu tepatnya pada 04 April 2015 dengan lama pendakian dimulai jam 07.00 dan sampai di alun-alun gunung gede sekitar pukul 14.30 melalui jalur Gunung Putri berbarengan dengan para pendaki karyawan Transvision dari Jakarta . Saat pendakian kita akan melewati beberapa pos peristirahatan ( 7 pos ) disamping menyusuri jalan yang penuh dengan pohon rindang dengan usia tumbuh yang beragam. 

Di alun-alun kita bisa melakukan kegiatan camping /camping ground yang sangat luas dan terdapat saluran air / kali yang mengalir dari hasil serapan pohon-pohon diatas puncaknya dengan airnya yang sangat dingin bagaikan air es dan hamparan bunga edelweish . Kegiatan camping disana sangat mengasyikan dan ramai seperti pasar karena pendakinya berasal dari berbagai daerah khususnya warga Jakarta , Bogor , Sukabumi dan Cianjur dari semua kalangan baik karyawan , mahasiswa ataupun pengangguran cheeky . 

Dibutuhkan pendakian lanjutan jika kita ingin ke puncak Gede dengan perjalanan berliku dan tanjakan tajam yang memakan waktu sekitar satu jam dari alun-alun. Setelah sampai di puncak , anda dapat menikmati pemandangan Gunung Pangrango , Kota Cianjur,Bogor, Sukabumi , Lereng gunung dan Kawah .  

Setelah puas , kita bisa pulang tergantung jalur mana yang kita gunakan (harus konfirmasi saat pendaftaran ) , waktu itu kami pulang menggunakan jalur cibodas yang melewati lereng gunung – tanjakan setan – kandang badak – kandang batu – air panas – air terjun cibeureum – kemudian sampai ke pos keluar di taman Cibodas dengan waktu pulang dari pukul 07.00 sampai di Cibodas sekitar pukul 14.00 WIB. 

Selain puncak gede , destinasi yang terkenal lainnya adalah Salawe Jajar , Batu dongdang ( di alun-alun ) dan makam Eyang Haji Suryakencana yang menurut legenda masyarakat bahwa Eyang Haji Suryakencana adalah penunggu gunung gede yang menikah dengan ratu jin islam . Eyang Suryakencana juga merupakan putera dari Bupati Cianjur pertama dan seorang Wali yaitu Raden Aria Wiratanu /Djayasasana Bin Aria Wangsa Goparana yang hingga saat ini makamnya banyak diziarahi dari berbagai daerah. 

Harga tiket masuk

Rp. 27.500 / orang 

TIPS : 

a. Walaupun kita menyaksikan keindahan ,alangkah baiknya menggunakan masker karena pengaruh asap belerang yang wanginya kayak bau kentut terutama jika anda punya penyakit asma dikhawatirkan takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi pastikan bahwa tubuh anda sehat . 

b. Bawa peralatan gunung yang lengkap 

c. Jangan lupa bawa jaket tebal dan kantong sayur yang digunakan untuk menghalau udara dingin lalu gunakan sebagai penutup badan. 

d. Obat-obatan 

e. Makanan 

f. Alat kemah 

g. Demi keamanan , disana jangan sompral. 

h. Jangan lupa berdoa 

i. Jangan saling berbencar 

j. Dilarang merokok 

k. Dilarang memetik bunga edelweish 

l. Jangan merusak hutan 

m. Jangan buang sampah sembarangan , pastikan membawa kantong kresek untuk menampung sampah. 

Jadi jika anda hendak wisata ke Gunung Gede Pangrango pastikan mengetahui tips dan informasi yang lebih mendetail. laugh

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan