Fakta Ilmiah kandungan dan Khasiat Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran umbi yang umumnya kita temukan berwarna jingga, sebenarnya ada sekitar 100 varietas wortel yang bervariasi dari segi ukuran dan warnanya yang unik seperti putih,kuning,ungu bahkan merah tua.

Wortel sangat mudah kita temukan di pasar ataupun di kebunnya secara langsung sama seperti tomat , tanaman yang biasa dipanen anatara 2-3 bulan ini mengadung manfaat dan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita, pernah mungkin kita mendengar bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena kandungan Vitamin A yang sangat tinggi..

Ketika wortel menjadi tua karena terlambat dipanen akan menyebabkan pengerasan berupa serat yang kasar sehingg tidak enak dikonsumsi , untuk itu jika anda hendak membelinya maka periksa terlebih dahulu apakah termasuk sudah lewat batas atau masih muda, untuk indikasinya terlihat dari serat yang ada pada wortel tersebut.

Konsumsi wortel sangat beragam tergantung anda untuk mengonsumsinya ada yang dbuat jus,dimakan mentah,dijadikan salad dan sup.

Kandungan

Wortel segar mengadung banyak protein,air,serat,karbohidrat,gula alami ( fruktosa,sukrosa,dektrosa,laktosa dan maltosa ) , mineral,biotin,pektin,asam folat dan mengadung betakaroten yang merupakan senyawa antioksidan yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung,mencegah serta menekan pertumbuhan sel kanker ,menjaga kesehata kulit dan menghambat penuaan. Selain itu banyak vitamin yang terkandung didalamnya yang sangat sayang jika anda tidak membiasakan mengonsumsi wortel ini.

Khasiat

Karena kandungan senyawa dan vitamin yang tinggi ,menjadikan wortel harus anda konsumsi secara rutin dan tidak berlebihan, beberapa khasiat yang umum ditemukan seperti antiseptik,antiradang,antialergik dan khasiat astringennya digunakan untuk mengobati diare. Selain itu, wortel juga dimanfaatkan untuk pengobatan darah tinggi,menurunkan kadar kolesterol tinggi,ASI sedikit,kurang darah ,mencegah rabun senja,untuk kesehatan mata dan sejuta manfaat lainnya.

Namun yang harus anda perhatikan adalah konsumsilah dalam takaran yang seimbang karena terlalu berlebihan juga tidak baik seperti mengakibatkan warna kulit menjadi kuning yang disebut dengan Carotenodermia. Jadi admin sarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah wajar saja.

Itulah beberapa fakta ilmiah tentang wortel yang harus anda ketahui, ada juga fakta ilmiah sirsak yang tak kalah menariknya.

 

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan