Efek buruk Soft Drink bagi kesehatan anak

Bukan rahasia lagi kalau anak-anak cenderung lebih memilih makanan atau minuman yang menarik perhatiannya seperti soft drink yang berdampak besar terhadap kesehatan buah hati anda.
Bunda aku haus ingin minuman yang ada buihnya ya ? Rasanya enak banget bunda , boleh ya ? Ucap Silvi pada ibunya. Mungkin kata-kata tersebuh sudah tidak aneh di dengar oleh anda bukan ? Jika tidak diberi maka anak anda akan nangis dan akhirnya bunda membelinya demi membahagiakan anak ,tapi sebenarnya itu merupakan cara yang tidak tepat ,membiasakan anak mengonsimsi minuman bersoda justru berdampak buruk bagi kesehatannya.
Banyaknya produk makanan atau minuman yang beredar di pasaran membuat anak terbiasa mengonsumsinya , sungguh disayangkan pola hidup masyarakat modern dewasa ini tidak sedikit anak bahkan balita pun sudah kecanduan dengan minuman ini . Jangankan anak-anak , orang dewasa pun tidak bagus mengonsumsinya .
Lantas kenapa hal ini tidak boleh , ? Dalam beberapa surat kabar menyebutkan bahwa kebiasaan seseorang mengonsumsi minuman soft drink / bersoda selain membuat badan jadi obesitas , minuman bersoda pun menyebabkan penyakit ginjal serta penyakit berat lainnya.
Meskipun rasanya ” menggeliat ” dilansir oleh artigen.com dalam sebuah penelitian mengungkapkan penyebab obesitas adalah pemanis yang ada pada soft drink, karena pemanis inilah yang menjadi sumber gula tambahan.
Selain penyakit yang diungkapkan diatas, akibat mengonsumsi soft drink juga menyebabkan penyakit janting,diabetes serta kanker pankreas.
Segudang dampak negatif yang ada pada minuman bersoda , bisa juga menimbulkan kecanduan/adiktif karena akibat adanya rangsangan zat kafein di dalamnya sehingga tidak heran jika setelah berhenti dari kebiasaan meminum soft drink anda akan mengalami gejala putus zat seperti depresi,sakit kepala,gugup dan menggigil.
Belum lagi soft drink juga mempengaruhi sistem pencernaan , jumlah kafein serta banyaknya gula dapat menghentikan proses pencernaan yang berarti makanan bergizi yang anda makan tidak bisa di serap dengan baik.
Maka dari itu sebaiknya anda lebih bijak lagi dalam mengonsumsi makanan ataupun minuman , gejala ini mungkin tidak dirasakan dalam jangka pendek tetapi dalam jangka panjang dan hal inilah yang menyebabkan anda menyepelekan akibatnya.
Walaupun hal ini terbilang sulit dihindari , tapi ada baiknya anda membiasakan dengan mengonsumi makanan yang lebih bergizi seperti susu dan yoghurt.
Berikut kandungan yang terdapat pada soft drink yang wajib anda ketahui :
1. Air
Sebagai bahan dasar pembuatan
2. CO2
Memperbaiki rasa,menghasilkan rasa masam dan terasa nikmat pada kerongkongan.
3. Pemanis
Sukrosa ( gula tebu  ),Fruktosa , pemanis aspartame,sakarin dan siklamat kafein. Dalam jumlah banyak , membantu seseorang tahan ngantuk , detak jantung kencang maka apakah masih mau mengonsumsinya ?  terutama bagi anda yang mempunyai Hipertensi , serangan jantungvdan Stroke. Jangan dikonsumsi dari SEKARANG !!!!.
4. Zat pengawet dan pewarna sintesis
5. Cita rasa buatan/tidak alami.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan