Destinasi dan Objek Wisata Lombok Barat

Wisata Lombok Barat tidak kalah menariknya dengan Wisata Lombok Timur yang memiliki keindahan alam bahari yang indah , sehingga anda dimanjakan ketika melakukan kegiatan traveling ke tempat ini , berikut tempat wisata pilihan di Lombok Barat yang bisa dan wajib anda kunjungi bersama keluarga dan rekan kerja.

1. Mayura

Mayura terletak di kecamatan Cakra Negara yang termasuk objek yang memilikii daya tarik wisata budaya dan taman rekreasi . Ditempat ini juga terdapat fasilitas wisata kuliner yaitu restoran.

2. Pura Meru

Terletak masih sama denga Mayura yakni di Kecamatan Cakra Negara dan termasuk objek wisata budaya peninggalan sejarah.

3. Taman Narmada

Terletak di kecamatan Narmada yakni objek wisata budaya,alam dan taman rekreasi yang dilengkapi dengan fasilitas seperti restoran.

4. Pura lingsar

Masih sama letaknya dengan taman narmada yaitu di kecamatan Narmada.

5. Gunung Pengsong

Terletak di kecamatan Tanjung yang memiliki  keindahan alam yang luar biasa dan dilengkapi dengan fasilitas seperti restauran.

6. Sendang Gile

Wisata alam yang menarik untuk dikunjungi seperti air terjun dan hutan tropis . Ditempat ini anda dapat menyaksikan keindahan alam yang indah serta mandi air terjun , dilengkapi dengan fasilitas restoran,losmen,lapangan parkir yang dapat dikunjungi setiap hari. Terletak di Kecamatan Bayan.

7. Gili air,Meno.Trawangan

8. Desa Senaru

Terletak di Kecamatan Bayan , Kabupaten Lombok Barat termasuk jenis objek wisata budaya mempunyai desa tradisional dan rumah asli sasak yang disertai arsitektir indah dan dilengkapi pula dengan fasilitas pendukung seperti rastoran,lapangan parkir dan losmen.

9. Hutan Wisata Suranadi

Berlokasi di Kecamatan Narmada atau 10 Km dari kota Mataram yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi dilengkapi denga fasilitas bumi perkemahan / Camping Ground serta keindahan flora dna faunanya bermanfaat untuk kepentingan rekreasi dan ilmu pengetahuan.

10. Pandang Golf , Golong

Dapat ditempuh sekitar 20 menit dari kota Mataram dengan jarak sekitar 15 Km kearah timur tersedia juga banyak holes . Ditargetkan menjadi lapangan Golf Berkelas Internasional.

11. Pura Agung Gunung Sari Merupakan sebuah pura yang indah diatas bukit yang berlokasi di gunung Sari atau 4 Km dari kota Mataram . Konon ditempat ini terjadi peperangan yang dikenal dengan perang Puputan pada 22 November 1894 antara anak raja Ngurai dengan tentara Belanda dibawah pimpinan Jendral Van Der Vetter.

12. Air terjun Torean

Air terju ini terletak dikawasan hutan Torean / Bayan Lombok Barat bagian Utara . Tempat ini dapat ditempuh 2 jam berjalan kaki menuju kawasan hutan dari dusun Torean . Flora dan Fauna bermanfaat untuk rekreasi dan penelitian.

13. Pantai Sire

Merupakan suatu pantai yang sangat indah dan menawan keadaan pantainya landai dan jernih serta hamparan pasir putih yang sangat luas sekali . Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai sarana wiasata olahraga air. Merupakan tempat yang subur dan banyak ditumbuhi pohon-pohon kelapa ditepi pantainya sehingga menambah kesejukan dan keindahan panorama pantainnya. Terletak sekitar 50 Km dari kota Mataram sebelah utara dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

14. Pantai Batu Bolong

Merupakan pantai yang indah dimana terdapat sebuah batu karang yang besar berlubang dan berdiri kokoh . Diatasnya terdapat sebuah pura suci umat Hindu . Ditempat ini pula anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam dibalik gunung Agung di Bali dan letaknya sekitar 9 Km dari Mataram.

15. Pantai Mangsit

Disebelah utara Senggigi terdapat sebuah landai dengan alam pengunungan , disebelah pantai terlihat nyiur melambai dan deburan ombak dipantai yang landai ini . Tempat ini juga sangat tepat untuk melihat matahari terbenam dari Ufuk Barat yang dapat dijangkau sekitar 20 Km dari Kota Mataram menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

16. Gili Gili

Merupakan gugusan pulau kecil dengan hamparan pasir putih indah yang dikelilingi taman laut yang indah dan beranekaragam karang dan ikannya. terletak di Lombok bagian selatan ( 30 Km dari Mataram ) dan tempat ini merupakan salah satu Wisata Lombok Barat untuk istirahat menikmati keindahan alam kepulauan.

17. Museum NTB

Terletak di Kecamatan Ampena yang berisi penyimpanan benda-benda bersejarah. Termasuk jenis wisata budaya yang dapat digunakan untuk melihat dan mengadakan penelitian yang dapat dikunjungi setiap harinya . Selian itu tersedia juga fasilitas lahan parkir yang luas.

18. Banyu Mulek

Merupakan sentra kerajinan anyaman rakyat yang terbuat dari rotan dan bambu . Ditempat ini anda dapat menyaksikan pembuatan anyaman gegabah dan telah dikenal ke mancanegara.

19. Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani yang mempunyai luas sekitar 40.000 Ha yang menurut administrasi pemerintah, taman nasional ini terletak di tiga kabupaten yaitu kabupaten Lombok Barat , Lombok Tengah dan Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Potensi wisata alam ditaman Nasional Gunung Rinjani sangat bervariasi yang meliputi keindahan alam pegunungan , danau , dataran tinggi,seumber air panas dan air terjun.

Sumber air panas sendiri terdapat di dekat danau Sengara , Anak dan Serbau. Sedangkan untuk air terjunnya terdapat di Kembang Kuning . Kegiatan yang dapat anda lakukan ketika wisata ke tempat ini adalah bisa melakukan pendakian ke puncak Gunung Rinjani , berkemah,menikmati keindahan alam di sekitar Danau Sengara, Anak dan Serbau. Sedangkan air terjun dan berenang dikolam renang Otakkoko. Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani merupakan objek penelitian yang menarik karena secara Biogeografi merupakan bagian Sub Regio Wallacea sehingga vegetasinya mewakili bentuk-bentik Asia dan Australia.

Itulah daftar tempat wisata Wisata Lombok Barat yang bisa anda jajal bersama keluarga, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan