Tempat wisata di Cianjur

Cianjur dikenal dengan sebutan Kota Santri merupakan suatu kota/kabupaten yang letaknya berbatasan dengan Bogor dan Purwakarta di bagian Utara , bagian baratnya berbatasan dengan kota sukabumi,sebelah timur berbatasan dengan kota Bandung ( Bandung Barat ) dan di selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. Merupakan wilayah yang luas dan strategis untuk dijadikan tempat wisata karena daya tariknya yang memukau.

Pada hari-hari liburan destinasi tidak pernah sepi oleh pengunjung yang datang dari berbagai daerah . Artikel ini mewakili beberapa Tempat wisata di Cianjur walaupun masih banyak yang belum diketahui oleh wisatawan .

1. Kebun Raya Cibodas

Kebun raya cibodas atau dengan julukan taman firdaus di Asia merupakan salah satu destinasi wisata  , dibangun sekitar tahun 1890 dengan luasnya mencapai 80 Ha .

Didalamnya terdapat puluhan ribu jenis tanaman dan bunga hias melengkapi  hijaunya taman . Keadaan alamnya yang sejuk menjadikan kebun raya cibodas bagai tinggal di surga .

Luasnya lahan hijau dapat dimanfaatkan sebagai rekreasi dan sarana pendidikan serta menopang perekonomian masyarakat sekitar .

Disepanjang pintu masuk banyak kios penjual makanan ringan , cendera mata hingga baju khas menambah pandangan mata .

2. Camping area racahan ( Mandala Kitri )

Merupakan tempat camping ground yang masih masuk wilayah kebun raya cibodas , banyak pelajar dan mahasiswa melakukan camping di sini dari berbagai kota di Indonesia karena ditunjang oleh banyak fasilitas yang murah namun memuaskan.

3. Istana Presiden Cipanas

Merupakan salah satu dari sekian istana presiden yang dibangun pada 1750 oleh pria berkebangsaan Belanda Van Heutz dan hingga saat ini istana cipanas dijadikan sebagai tempat peristirahatan presiden RI. Didalamnya terdapat banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang masih dirawat seperti lukisan presiden soekarno, lukisan seribu sudut,air panas dan taman disekitarnya. Letaknya tidak jauh dari Mandala Kitri dan Kebun raya Cibodas yakni sekitar 20 menit perjalanan tepatnya sekitar 200 meter dari pasar Cipanas.

4. Taman Bunga Nusantara

Tidak jauh dari Istana presiden sekitar 7 Km , ditaman ini anda bisa menikmati berbagai tanaman hias yang berasal dari seluruh dunia yang sangat indah.

Selain udaranya yang sejuk, taman ini juga dilengkapi  berbagai fasilitas seperti ATM dan Kuliner. Disekelilingnya terdapat banyak hamparan bunga warna warni yang didesain khusus untuk menarik pengunjungnya, selain itu anda juga akan mendapatkan wawasan mengenai jenis bunga dari berbagai negara sehingga bisa kita nikmati wawasan sambil liburan, Enak kan ??.

Untuk masuknya dikenakan biaya sekitar 25-30 ribu saja per orangnya , jika berminat anda bisa mengunjunginya di Jl.Mariwati Ds.Kawungluwuk – Cipanas.

5. Gunung Gede

Anda suka Camping dan pendakian gunung ? Jika iya maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi gunung gede.

Kata ” gede ” mengandung arti ” besar “. Gunung ini merupakan Kebun raya cibodas dan Mandala kitri di kakinya.

Banyak yang melakukan pendakian ke gunung gede terutama dari ibukota dan penduduk setempatnya. Disebelah sampingya terdapat gunung Pangrango.

Dikawasan Gunung gede banyak sekali keindahan alam dan fasilitas pendukungnya berupa perbelanjaan,restoran dan penyedian jasa sewa alat-alat pendakian dan alat camping yang bisa didapatkan saat anda mendaftar ke loket.

Ketika anda sampai dipuncaknya akan menikmati keindahan alun-alun gunung gede dan kota-kota besar seperti Sukabumi,Bogor,Bandung dan Jakarta yang sangat indah.

Untuk melakukam tracking tidak setiap hari di buka tergantung keadaan alam dan musim .

Hal yang harus anda ingat ketika tracking adalah tidak sompral , membuang sampah sembarangan dan harus hati-hati karena medannya lumayan curam , buat pemula tidak disarankan .

6. Makam Bupati Pertama

Cianjur di bangun oleh Raden Arya Wiratanu Datar sekaligus menjadi bupati pertama . Pada masanya , pengaruh hindu dan budha sangat pekat namun seiring berjalannya waktu kini cianjur pekat dengan agama islamnya .

Raden Arya Wiratanu datar terlahir dari kalangan kerajaan Pajajaran yang menyebarkan agama islam di pasundan khususnya di Cianjur hingga beliau wafat . Jika ceritakan lebih lanjut rasanya tidak akan cukup untuk menuliskannya .

Raden Arya juga mempunyai anak dari dua golongan yaitu jin dan manusia . Dari golongan jin salah satu yang terkenal adalah Eyang Surya Kencana ,yang konon bersemayam di gunung Gede . Sedangkan anak dari manusia menyebar ke beberapa daerah untuk menyebarkan islam dan ada pula yang tinggal bersama orang tuanya hingga meninggal di tanah Cianjur .

Makam bupati pertama ini tidak pernah sepi pengunjung terutama pada malam jumat ribuan orang terus berdatangan dari berbagai daerah dan kalangan .

Makam ini juga menjadi situs warisan yang dilindungi dan sebagai wisata religi . Untuk mengunjunginya berada di Majalaya , Cikalong – Cianjur .

7. Gunung Padang

Adalah objek wisata yang sudah tua namun beberapa tahun ke belakang tempat ini jadi perbincangan di berbagai media .

Memang tidak ada yang sejak kapan keberadaan gunung Padang ini namun beberapa peneliti menyebutkan bahwa gunung Padang ini bekas peradaban Megalitikum dan konon menyimpan banyak harta karun di dalamnya .

Disamping banyak legenda masyarakat , traveling ke sini terasa berbeda karena sebagai sarana belajar sejarah dan budaya .

Sekali lagi masih banyak tempat wisata di cianjur yang harus saya ulas , tapi mungkin hanya beberapa saja dan insya Allah kapan-kapan saya lanjutkan pembahasan di artikel selanjutnya.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan