Menikmati kopi di berbagai suasanan memang menyenangkan. Terlebih, bila menikmatinya bersama sahabat atau orang terkasih. Ada banyak jenis kopi yang bisa Anda pilih serta cara pengolahannya. Mulai dari kopi robusta, kopi arabika hingga kopi luwak yang memiliki harga sangat tinggi. Penyajiannya pun ada yang hangat ada yang dingin.

Tergantung selera Anda. Anda pecinta kopi? Kalau begitu harus coba yang namanya kopi luwak, meski harganya sangat mahal Anda tak akan menyesal bila mencicipinya. Apa? Takut tertipu kopi luwak yang palsu? Anda bisa membedakan antara kopi luwak asli dan palsu dengan melihat ciri-cirinya, kok! Berikut ciri-ciri tersebut.

Dilihat Dari Biji Kopi Mentah (Green Bean)

Salah satu cara yang paling mudah untuk membedakan kopi luwak asli dan yang palsu yang mungkin sering Anda temukan dalam kemasan sachet adalah dengan melihat biji kopi mentahnya. Ada beberapa ciri yang bisa Anda kenali. Salah satunya adalah biji kopi luwak mentah lebih wangi. Biasanya, wangi yang dikeluarkan layaknya wangi pandan.

Selain bau pandan, Anda juga akan menemukan bau pesing ataupun bau kulit meski tidak terlalu kentara. Bau ini agak tertutupi dengan bau pandan yang dikeluarkan kopi luwak tersebut. Jika Anda membandingkannya secara fisik, biji kopi luwak asli permukaan kulitnya akan terasa agak kasar karena masih ada sisa kulit ari.

Dibandingkan dengan kopi biasa, jelas sangat berbeda. Kopi biasa biasanya lebih halus dan jauh lebih bersih. Lalu, untuk permukaan pada bagian belahan, kopi luwak biasanya memiliki bagian yang lebih besar ketimbang belahan kopi biasa. Lagipula, biasanya masih ada serat kulit ari yang tertinggal di bagian tengah belahan pada kopi luwak yang asli.

Selain itu, biji kopi luwak yang asli juga memiliki warna yang seragam. Sedangkan bila Anda menenggelamkannya ke dalam air dan biji kopi tersebut tenggelam, dapat dipastikan itu adalah kopi luwak asli. Terakhir, biji kopi luwak yang asli biasanya bersih tanpa cacat. Tidak terdapat lubang apalagi pecah pada bagian permukaan seperti pada kebanyakan kopi biasa.

Dilihat dari Bubuk Kopi

Mungkin Anda tak bisa melihat ciri-ciri kopi luwak yang asli dari bijinya karena tidak pernah melihatnya. Namun, Anda tetap bisa menghindari kopi luwak palsu seperti yang ada dalam kemasan sachet-an dan dijual murah dengan cara melihat bubuk kopinya. Ciri-ciri kopi luwak yang asli dalam bentuk bubuk salah satunya bisa Anda lihat dari aromanya.

Aroma kopi luwak yang asli sangatlah kuat daripada kopi lainnya. Apalagi bila dibandingkan dengan kopi yang bisa Anda temukan di pasar atau di warung. Kopi luwak yang asli saat diseduh akan mengeluarkan aroma menyengat yang sangat khas. Aroma ini pasti bisa dirasakan bahkan bagi yang belum pernah menikmati kopi luwak sebelumnya sekalipun.

Rasa dan Aromanya Khas

Lalu, pada rasanya. Rasa dari kopi luwak yang asli akan nyangkut di lidah. Setidaknya, rasa lengket khas kopi ini akan tertinggal 30 menit hingga satu jam di lidah orang yang sudah terbiasa. Sedangkan bagi yang pertama kali mencobanya, rasanya akan bertahan lebih lama.

Saat Anda menyeduh kopi luwak asli, akan muncul busa di atas kopi tersebut. Bisa ini hadir secara alami. Bahkan saat tidak ditambah apapun seperti creamer dan lainnya. Busa ini muncul secara alamiah akibat sisa kulit ari yang ada dari proses penggilingan.

Agar mudah cara mengenali kopi luwak yang asli dan palsu paling praktis adalah setelah Anda meminumnya. Pasalnya, pada kopi luwak palsu memiliki pengawet yang begitu berbahaya, sehingga menjadikan air seni Anda memiliki Aroma yang pekat.

Nah, bagaimana? Sudah yakin untuk mencicipi kopi luwak, kan? Anda sudah tahu bagaimana ciri-ciri dari kopi luwak yang asli dan yang palsu. Dengan begitu, Anda bisa membedakannya. Menikmati kopi luwak memang harus merogoh kocek dalam, tapi jika rasanya sebanding, itu tak masalah, kan?