Cara menyimpan cabai agar tidak cepat busuk

Bagi anda pecinta masakan yang pedas mungkin kehadiran cabai membuat semangat makan,terlebih secara mayoritas masyarakat Indonesia sangat doyan dengan cabai . Cabe menjadi bahan yang wajib ada ketika akan memasak. Cabai merah dan hijau sama saja mengandung rasa pedas.

Jika cabai yang anda gunakan adalah cabai busuk maka akan membuat masakan tidak akan enak , contoh masakan yang membutuhkan banyak rasa pedas seperti balado ayam, ketupat,semur dan hidangan laiinya, bukan hanya tidak sedap saja melainkan akan membuat perut terasa sakit karena mengandung banyak bakteri dan kuman berbahaya. Untuk mengatasi hal tersebut maka tidak ada salahnya menyimak cara menyimpan cabai supaya tidak mudah busuk dengan cepat .

1. Pilih cabe yang segar

Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli cabai cobalah lihat dulu tekstur dan komposisinya apakah masih segar atau sudah kelihatan layu. Jika tampak layu berarti cabe tersebut sudah tidak segar lagi dan ketika dihidangkan pada masakan tidak akan menghasilkan masakan yang enak dan sedap. Tips lainnya adalah dengan menekan pelan pada daging cabe untuk membuktikan kesegarannya, pilih juga batangnya yang masih keras karena biasanya ini semua menjadi indikasi cabe layak atau tidak untuk digunakan sebelum dibeli.

2. Tiriskan

Ketika anda membeli dipasaran pastinya akan langsung dimasukan ke karanjang atau dibungkus dengan kantong plastik . Ini ketika di beli, jika cabe tidak mudah busuk maka yang harus dilakukan adalah dengan cara meniriskannya dan anginkan ketika dirumah. Fungsinya adalah untuk menjaga kelembaban pada permukaan cabe soalnya jika kelembabannya tinggi pasti akan cepat busuk.

3. Masukan ke kulkas

Setelah meniriskannya, hal selanjutnya adalah dengan cara memasukannya ke dalam kulkas, hal ini guna menjaga kesegaran cabe tersebut agar tahan lama namun sebaiknya anda jangan mencucinya.

Jika cabai tersebut hendak anda gunakan untuk keperluan masak , jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sebersih mungkin supaya bakteri dan kumannya hilang .

4. Jangan biarkan kotor

Kotoran yang menempel pada sayuran dapat menyebabkan cepat busuk karena kuman dan bakteri akan berkembang . Apalagi kalau anda memakannya dapat menimbulkan penyakit kan ?.

Itulah beberapa tips dalam menyimpan cabai yang baik, semoga berguna dan selamat mencoba.

Anda juga bisa menambahkan tips lainnya di kolom komentar ya..

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan