Cara meningkatkan minat baca anak

Halo bunda, kebiasaan baca pada anak harus diberikan sejak dini karena ini menyangkut dengan kecerdasan ketika masuk ke usia remaja.

Dengan memberikan kebiasaan yang positif akan berpengaruh juga ketika si kecil masuk ke pendidikan formal mapin non formal. Pada umumnya si kecil suka main mainan yang membuatnya sangat senang namun jika anda adalah orang yang bijak maka tidak ada salahnya untuk menerapkan sedikit demi sedikit untuk memberikan arahan pada anak agar minat membacanya lebih tinggi. Selain menyenangkan juga akan mempermudah anak menyerap pelajaran. Kalau anak anda hanya diberikan mainan saja kapan si kecil bisa berkembang bukan ? Nah berikut tips yang mesti bunda lakukan supaya si kecil gemar membaca.

1. Gantilah mainan dengan buku

Sudah kita fahami kan bahwa anak itu hanya tertarik dengan sesuatu yang berbau hiburan sehingga membuatnya senang, memang ini hal yang wajar tapi cobalah anda untuk mengalihkan permainan biasa ke permainan yang ada unsur pendidikannya, dengan kata lain bisa anda ganti atau bahkan tambah mainan yang mengandung unsur bacaan seperti huruf-huruf abjad, pengenalan angka . Tapi perlu diingat, selain belajar pastikan pula ada unsur hiburannya sehingga seimbang antara mainan dengan belajar.Jika ini dibiasakan maka lama-kelamaan motorik si kecil mampu berkembang.

2. Kenalkan pada perpustakaan

Umumnya kita sangat malas untuk menyimpan buku pelajaran dengan baik, bahkan ada yang dijadikan sebagai bungkus gorengan. Jika anda adalah orang yang bijak terhadap anak maka tidak ada salahnya membelikan buku koleksi di ruang khsusus. Ajarkan dia untuk mengenal perpustakaan baik bikinan sendiri di rumah ataupun memanfaatkan fasilitas perpustakaan terdekat seperti sekolah formal. Akan lebih rugi jika anda adalah seorang guru yang tidak mau mengenalkan perpustakaan pada anaknya, jangan sampai hanya mendidik anak orang lain saja tapi didik juga si buah hati,,, ok mom ??

3. Buatkan rak buku

Sama halnya dengan perpustakaan, rak buku juga sangat diperlukan loh bunda. Cobalah untuk meletakan buku-buku pada rak khusus di ruangan atau kamar si kecil. Pilihlah jenis rak yang sangat lucu sehingga secara tidak sadar bahwa mereka telah dididik untuk gemar membaca dan tertarik untuk membuka-buka buku pelajaran.

Selain cara diatas, ketika anda sedang berjalan ke mal cobalah untuk mengajak anak membaca nama toko atau apa saja yang kita lihat dengan sedikit rayuan lembut.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan