Cara Mengobati Mata Bengkak Akibat Kurang Tidur

Cara mengobati mata bengkak akibat kurang tidur relatif lebih mudah ketimbang mata bengkak akibat infeksi bakteri atau virus. Pasalnya mata bengkak yang diakibatkan oleh bakteri atau virus lebih berisiko menular dan lebih mengganggu karena pasti terasa pedih atau gatal. Akan tetapi justru hal ini sering dianggap sebagai masalah besar. Padahal dengan beberapa cara sederhana dan alami, mata bengkak akibat kurang tidur bisa teratasi dengan mudah.

Cara Mengobati Mata Bengkak dengan Metode Alami

Mata bengkak pasti akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti mengganggu pengelihatan dan mengganggu konsentrasi. Selain itu kondisi ini juga akan mengganggu penampilan, terutama di bagian wajah. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan. Berikut tips selengkapnya.

  1. Teh Celup

Cara mengobati mata bengkak yang pertama adalah dengan menggunakan teh celup. Bukan air tehnya, tapi teh celupnya. Pertama seduh teh ke dalam air panas. Lalu diamkan sejenak sampai hangat. Setelah itu gunakan teh celup untuk mengompres mata yang bengkak. Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit dengan ditutup kain. Apakah harus menggunakan teh hijau atau teh hitam? Keduanya boleh, karena pada teh mengandung kafein yang berguna sebagai vasoconstrictor yang bisa mengatasi bengkak.

  1. Mentimun

Mungkin Anda sering melihat penggunaan masker mentimun, di mana potongan mentimun diletakkan di mata. Memang benar, karena ternyata mentimun tidak hanya sehat untuk dikonsumsi saja, tetapi juga mengandung astringent yang bisa membantu mengatasi mata bengkak. Supaya hasilnya lebih efektif, iris mentimun dengan ukuran yang disesuaikan, lalu masukkan ke dalam lemari es sampai dingin. Kemudian cukup kompreskan mentimun tersebut pada mata yang bengkak sekitar 10 menit.

  1. Es Batu

Selain dua cara sebelumnya, cara mengobati mata bengkak juga bisa menggunakan es batu. Ini adalah cara klasik yang sudah dilakukan sejak dulu. Caranya cukup sederhana, yakni hanya mengompres bagian mata yang bengkak dengan es batu yang dibalut kain. Namun ternyata supaya hasilnya lebih maksimal, Anda tidak perlu menggunakan es batu. Anda hanya perlu membasuh wajah Anda dengan air dingin atau menggunakan sendok yang didinginkan di dalam lemari es.

  1. Kentang

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan kentang. Bahan yang satu ini memang sudah sejak ratusan tahun diketahui memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Seperti nyeri, sakit kepala, termasuk untuk mengatasi mata bengkak. Pertama kupas kentang, cuci sampai bersih, keringkan, lalu parut. Setelah itu bungkus parutan kentang tersebut dengan kain dan gunakan untuk mengompres mata.

  1. Garam

Terakhir, jika di rumah Anda tidak ada teh celup, mentimun, es batu, atau kentang, Anda bisa menggunakan garam. Saat mata Anda bengkak ternyata Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung garam. Selain itu Anda juga bisa membuat air garam dengan perbandingan setengah sendok teh garam dan seperempat liter air. Kemudian masukkan kapas ke dalam air tersebut dan gunakan untuk mengompres mata bengkak.

Begitulah kurang lebih beberapa cara mengobati mata bengkak dengan mudah. Namun untuk menghindari mata bengkak akibat kurang tidur, Anda disarankan untuk tidak melakukan aktivitas selain tidur saat berada di tempat tidur. Misalnya seperti menonton TV, mengoperasikan ponsel, dan sebagianya. Pastikan pikiran dan tubuh Anda mendapat waktu istirahat yang cukup. Jangan lupa juga untuk minum air putih sebelum tidur untuk membuat tubuh tetap terhidrasi selama tidur.

Sumber: http://dedaunan.com/cara-mengobati-mata-bengkak-yang-terasa-sakit/