Cara menghilangkan kerak telur yang menempel pada wajan

Telur yang sedang di goreng tiba-tiba rapet atau menempel memang banyak di alami oleh kita yang belum berpengalaman dalam menggoreng telur dadar ataupun ceplok .

kerak telur pada wajan

Rasanya memang sangat greget ketika susah mengelupas di atas wajan walau sudah diberikan minya goreng sebelumnya . Kekesalan juga akan timbul sehingga kadang-kadang mood kita mau makan pun jadi tidak ada , kadang ada pula yang langsung membantingnya dengan barang yang ada di sekitarnya namun prilaku tersebut jelas tidak baik bahkan bisa menyebabkan kecelakaan di dapur anda .

Sebelum mengetahui cara menghilangkan telur goreng yang rapet pada wajan anda sebaiknya mengetahui beberapa penyebab kenapa bisa rapet pada wajan tersebut .

1. Wajan masih kotor

Penyebab kenapa ketika menggoreng telur suka rapet salah satunya bisa disebabkan oleh wajan yang anda gunakan tidak bersih entah itu bekas memasak ataupun jarang dibersihkan .

Jadi sebaiknya anda bersihkan teebih dahulu sebelum memasak , selain penyebab goreng telur rapet dengan membersihkan wajan menjadi syarat makanan yang anda masak tetap steril dari bakteri ataupun kuman .

2. Wajan yang digunakan bekas goreng sambal

Ini bicara pengalaman , ketika wajan yang digunakan adalah bekas masak sambal goreng telur pun suka rapet dan susah dikelupaskan . Entah apa pengaruhnya saya juga tidak tahu namun sebagai antisipasi lebih baik dibersihkan dengan air menggunakan sabun cuci .

Namun dugaan sementara mungkin karena sambal mengandung beberapa zat dan karena tambahan gula sehingga penolakan telur dengan minyak tidak terlalu kuat.

Tapi bukan itu saja , bahan-bahan lain juga bisa menjadi penyebab telur rapet seperti santan , kecap dan lainnya.

3. Permukaan wajan tidak kering

Wajan yang masih berair dapat menyebabkan goreng telur menjadi rapet karena minyak dan air menyatu tidak bisa memisahkan antara telur dengan minyaknya ( dugaan sementara ) .

Untuk itu pastikan wajan yang digunakan dalam kondisi kering dan bersih , telur rapet juga mengakibatkan pemasakan tidak sempurna karena suhu panas terhalang oleh kerak-kerak telur yang menempel .

4. Tidak menggunakan minyak goreng

Sudah jelas tentunya yang namanya menggoreng pasti harus ada minyak sebagai pelumasnya . Bukan hanya telur saja , masakan lain pun demikian .

Beberapa poin di atas adalah penyebabnya , sedangkan cara agar telur tidak rapet saat di goreng tinggal membalikan saja poin-poin di atas .

Lalu bagaimana cara menghilangkan kerak telur yang gosong pada wajan anda ?

Kadang membersihkan dengan sabun dan spons pun belum cukup untuk mengelupaskannya , kita perlu menambahkan beberapa trik yang mudah , apa sajakah itu ?.

1. Di kerok

Anda dapat mengelupaskan kerak telur dengan cara di kerok menggunakan benda stainles atau apa saja seperti pisau , sendok ataupun cukil . Tapi ingat jangan gunakan linggis atau cangkul ya …hehehe

2. Di sikat menggunakan sikat kawat

Dirasa dengan kerokan masih tetap saja menyisakan kerak , anda dapat mengaplikasikan dengan cara disikat menggunakan sikat kawat .

Sikat kawat membantu menipiskan permukaan kerak telur sehingga menjadi mudah saat di bersihkan .

Ingat !!! Jangan gunakan sikat cuci atau sikat gigi ya ..he

3. Direndam

Kerak yang terlalu menempel juga sulit menyerap air dalam waktu singkat . Untuk mengakalinya adalah dengan cara merendamnya dengan air sekitar satu jam .

Perendaman dengan waktu yang lebih panjang membantu pengelupas lebih mudah karena air meresap pada permukaan dalam kerak telur .

Jika cara-cara di atas telah berhasil maka cucilah kemudian dengan sabun cuci hingga bersih dan jangan lagi diulangi kebiasaan-kebiasaan salah tersebut …hehehe.

Itulah Cara menghilangkan kerak telur yang menempel pada wajan yang bisa dilakukan , semoga bermanfaat dan selamat mencoba .

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..