Cara menggunting kuku bayi yang aman

Supaya bati anda tetap sehat dan indah , kewajiban orang tua salah satunya adalah dengan membiasakan untuk mengggunting kukunya. Jika kuku bayi anda selalu dibiarkan panjang maka akan menjadi tempat yang sangat nyaman bagi bakteri / jamur/ virus untuk berkembang biak , al hasil anak anda terserang penyakit dan hal ini adalah yang tidak anda inginkan bukan ? nah untuk itu bunda bisa membiasakan untuk menggunting kuku si buah hati anda . Namun terkadang anda merasa susah untuk mengguntingnya bukan ” nah untuk itu kami berikan informasi seputar tipsnya , semoga bisa membantu dan mempermudah bagi bunda ya , berikut ulasannya :

menggunting kuku bayi

1. Pilihlah gunting kuku yang sesuai ( khusus )

Supaya lebih terasa aman dan tidak mencederai si buah hati , sangat disarankan bagi anda untuk memiliki gunting kuku yang dikhususkan untuk bayi / balita , ada banyak kok bisa dibeli di pasaran dengan harga yang terlalu mahal dan lebih aman karena gunting ini di desain dengan bentuk yang melengkung.

2. Potong seusai mandi

Sangat disarankan memotong kukunya setelah mandi , hal ini dikarenakan tekstur kuku menjadi lebih lunak akibat air yang meresap . Jangan lupa pula untuk memotongnya ketika si buah hati anda sedang tidur karena kondisi inilah anak anda tidak terlalu banyak beraktifitas sehingga anda lebih mudah dan aman.

3. Bersihkan terlebih dahulu

Sebelum bunda memotong kukunya , bersihkanlah terlebih dahulu kuku bayi anda karena akan lebih mudah dan tidak perlu repot lagi membersihkan setelah di potong , anda bisa membersihkannya menggunakan lap / cutton bad basah. Pastikan juga ya tangan anda benar-benar bersih supaya lebih steril . 

4. Pilihlah tempat yang cukup cahaya

Umumnya kulit dan warna kuku bayi hampir sama sehingga menyulitkan anda memotongnya jika pencahayaan di ruangan tidak cukup . Jika dalam keadaan gelap dikhawatirkan akan membahayakan bagi bayi anda seperti terluka . Untuk itu sangat disarankan untuk memotongnya di tempat yang cukup cahaya seperti di kamar , pagi atau siang hari.

5. Haluskan kuku bayi

Setelah anda selesai mengguntingnya , langkah selanjutnya adalah dengan cara mengkikir kuku bayi anda , hal ini untuk menghilangkan ketajaman kukunya . Pada gunting kuku biasannya sudah ada fasilitas untuk mengkikir kuku jadi anda akan lebih simple dan aman.

6. Gunting setiap dua kali seminggu

Jika kuku bayi anda dalam kondisi panjang maka bisa dipastikan anda akan sulit untuk mengguntingnya . Karena masa pertumbuhan bayi sangat cepat begitupun dengan kuku maka disarankan untuk memotongnya setiap dua kali dalam seminggu. Mungkin anda sudah tahu kan bahwa bayi banyak bergerak seperti mencakar-cakar wajah . Jika kukunya panjang , maka akan mengakibatkan bagian kulit wajah akan terluka. 

Itulah sedikit tips yang bisa anda lakukan dalam merawat dan memotong kuku bayi biar lebih aman dan sehat , selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya ,,,laugh

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan