Cara mengetahui baterai smartphone yang sudah rusak

Baterai menjadi hal pokok dalam dunia gadget sebab jika tidak ada baterai maka walaupun smartphone android anda mahal tetap saja tidak bisa digunakan. Pada gadget kelas menengah ke atas seperti smartphone memang terkenal dengan menyedot daya baterai lebih besar jika dibandingkan dengan hp lawas ,hal ini karena banyaknya fitur yang terdapat pada smartphone serta aplikasi yang dipasang banyak bermunculan iklan-iklan sehingga baterai dan data internet mudah habis.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan share cara mengetahui baterai smartphone yang sudah rusak. Berikut ulasannya:

1. Melihat tampilan fisiknya

Pernahkah anda melihat baterai menggelembung atau ada benjolan alias tidak rata ? Jika iya maka mengindikasikan bahwa baterai tersebut sudah rusak. Selain terlihat tidak rata , baterai uang rusak akan terlihat karat pada plat tembaganya dan terlihat ada cairan cokelat , putih atau hijau. Jika hal ini terlihat maka sebaiknya anda mengganti baterai karena sudah dipastikan bekerja tidak optimal. Namun banyak diantara kita masih tetap saja menggunakannya padahal bisa mengakibatkan koslet atau kerusakan lain jika hal ini dibiarkan.

2. Coba putar

Jangan anggap baterai baru beberapa bulan masih mulus , yuk cek dengan posisi memutar. Terlihat ada benjolan dan ketika di putar baterai memutar langsung maka hal tersebut menandakan baterai harus anda ganti.

3. Daya serap baterai

Baterai yang masih mulus akan bisa bertahan lama dan daya serapnya sedikit. Adapun baterai rusak maka daya listriknya mudah habis dan turun drastis. Umumnya baterai yang sehat ,listrik mengalami penurunan secara bertahap seperti asalnya 99 % selang beberapa saat turun ke 98% berarti tanda masih mulus. Namun jika saat yang sama asalnya 99% turun menjadi 97 % atau ke 95 % maka baterai tersebut sudah rusak.

4. Gunakan aplikasi

Karena smartphone didukung banyaknya fitur , pengecekan baterai juga biasa dilakukan dengan menggunakan aplikasi.

Untuk ponsel android anda bisa mengunduh aplikasi MacroPinch yang bisa di dapatkan di play store.Aplikasi tersebut akan menampilkan kesehatan baterai anda.

Namun jika anda pengguna smartphone berbasis iPhone anda bisa menggunakan aplikasi iBackupBot kemudian instal di komputer. Setelah itu hubungkan iPhone anda dengan komputer dan pilih ” more information ” pada bagian tengah bawah jendela aplikasi iBackupBot.

Nah jika angka yang ditampilkan pada ” FullChargeCapacity ” lebih rendah daripada ” DesignCapacity ” maka sebaiknya anda mengganti baterai smartphone.

Itulah beberapa tips mengetahui baterai smartphone yang rusak pada perangkat Android ataupun iOS. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika berhasil jangan lupa share ya..

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan