Cara Mengakses Dan Mengedit Dokumen Secara Offline Di Google Drive

Saat Anda di dalam situasi offline, bekerja dengan dokumen yang disimpan pada Google Drive tidak dimungkinkan. Untungnya, Google Drive dapat diatur agar dapat berjalan tanpa adanya koneksi internet. Dengan begitu Anda dapat mengakses dan mengedit dokumen secara offline di Google Drive kapan saja dan dimana saja.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengaktifkan terlebih dahulu fitur offline pada Google Drive. Untuk ini diperlukan sebuah koneksi internet terlebih dahulu mengingat Anda harus menginstal extension yang diperlukan. Satu hal yang perlu diperhatikan, untuk menggunakan fitur offline pada Google Drive, Anda harus menggunakan Google Chrome sebagai browser.

Berikut cara mengakses dan mengedit dokumen secara offline di Google Drive:

  • Buka Chrome lalu sign in ke Google Drive menggunakan akun Anda. Jika sudah klik opsi “More” di sisi kiri layar. Kemudian klik opsi “Offline” untuk melanjutkan.
  • Lanjutkan dengan menginstal aplikasi web Drive dengan meng-klik tombol “Get the app.”
  • Maka akan muncul jendela konfirmasi, klik tombol “Add” untuk memulai instalasi.
  • Setetah proses instalasi selesai, Anda dapat mengakses aplikasi Drive dengan membuka tab baru dan mengeklik tombol “Apps” pada bookmark bar.
  • Lanjut dengan memilih Google Drive.
  • Setelah aplikasi telah terisntal, sekarang aktifkan fungsi offline dengan mengakses kembali Google Drive dan meng-klik opsi “Enable Offline.” Jika tombol ini masih belum bisa diklik (warnanya abu-abu), refresh saja halaman. Setelah pengaturan Enable Offline dilakukan, Anda akan diarahkan ke sebuah halaman yang melakukan sinkronisasi berbagai dokumen yang tersimpan pada Drive kepada PC Anda untuk keperluan editing offline.
  • Jangan tutup tab browser saat proses sinkronisasi berjalan. Kapanpun Anda membuat sebuah dokumen baru, maka sistem akan menyinkronisasi dokumen tersebut ke PC.
  • Ketika Anda ingin mnelihat atau mengedit dokumen secara offline. Cukup jalankan Chrome, lalu akses Apps>Google Drive kemudian pilih dokumen yang diinginkan. Dalam daftar aplikasi, Anda dapat melihat bahwa beberapa aplikasi akan memiliki ikon berwama abu-abu, yang berarti memerlukan koneksi internet untuk menggunakannya.
  • Saat Anda mengedit dokumen, di samping kanan nama dokumen akan terlihat ikon petir menandakan bahwa Anda berada dalam mode offline. Saat Anda sudah online, maka setiap perubahan yang telah dilakukan pada dokumen akan disinkronisasikan ke cloud.

Nah, itulah 9 cara mengakses dan mengedit dokumen secara offline. Semoga bermanfaat.