Cara Mencegah Flu Pada Bayi

Sama seperti orang dewasa, bayi juga mudah dan rentan terkena flu. Bedanya, jika orang dewasa bisa dengan mudah meminum obat untuk menyembuhkan flu mereka. Kita tidak boleh dan tidak bisa sembarangan memberikan obat pada bayi. Selain itu, bayi juga belum bisa mengungkapkan rasa sakit dan tidak nyaman mereka, sehingga saat mereka sakit kita cenderung mengira-ngira bagian mana yang sakit dan tidak nyaman pada bayi. Untuk itu lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar bayi tidak terserang flu. Berikut adalah beberapa tips cara mencegah flu pada bayi yang bisa kita ikuti, yaitu:

  1. Rajin memijat bayi. Pijatan yang lembut pada tubuh bayi menurut penelitian dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Bayi yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik akan terhindar dari berbagai penyakit termasuk flu.
  2. Jaga kebersihan perlengkapan bayi. Bayi merupakan mahluk yang sensitif, sedikit debu dan kotoran saja akan membuat kulit bayi memerah atau iritasi. Debu juga akan membuat bayi rentan terkena berbagai penyakit termasuk flu. Salah satu cara mencegah flu agar tidak menyerang bayi adalah dengan rajin menjaga kebersihan perlengkapan bayi. Letakkan perlengkapan bayi di tempat yang bersih dan tertutup. Sterilkan botol dan dot bayi dengan air panas agar kuman dan virus penyebab penyakit mati.
  3. Mandikan bayi dengan air hangat. Bayi masih memiliki kulit yang sensitif dan mudah kedinginan. Agar bayi tidak terserang flu, mandikan bayi dengan air hangat. Selain memberikan efek relaksasi, mandi air hangat akan melancarkan peredaran darah sehingga bayi tidak mudah terkena penyakit.
  4. Rajin menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi. Menurut penelitian, matahari pagi dapat menstimulasi vitamin D dalam tubuh yang bekerja sebagai antidepresan. Bayi yang mendapatkan sinar matahari pagi memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik sehingga bayi tidak akan mudah terserang flu dan penyakit lainnya. Cukup menjemur bayi kita selama 15-20 menit setiap harinya, agar kebutuhan vitamin D pada tubuh bayi dapat dipenuhi dengan baik.
  5. Berikan ASI yang cukup. Bayi yang mengonsumsi ASI secara ekslusif dengan bayi yang mengonsumsi susu formula saja memiliki daya tahan tubuh yang berbeda. Bayi yang diberi ASI eksklusif akan lebih tidak mudah terserang penyakit daripada bayi yang mengonsumsi susu formula. Memberi ASI yang cukup pada bayi adalah salah satu cara mencegah flu menyerang bayi yang paling penting dan mudah dilakukan.

Pemberian obat-obatan yang berlebihan pada bayi akan mempengaruhi pertumbuhan mereka dan merusak sistem kekebalan tubuh mereka saat dewasa nanti. Semoga cara mencegah flu pada bayi di atas bermanfaat agar bayi kita tidak perlu menonsumsi obat-obatan kimia untuk menyembuhkan penyakit mereka. Selamat mencoba.