Cara Memperbesar Suara MP3 Hingga 3x Lipat

MP3 merupakan salah satu jenis file audio digital yang sangat populer saat ini. Saking populernya sebagian besar ponsel dan tablet didukung oleh jenis file audio yang satu ini. Oleh karena itu tidak aneh rasanya jika banyak orang lebih senang menikmati lagu-lagu favorit mereka melalui ponsel yang bisa dibawa kemana pun mereka pergi.

Sayangnya sering kita temui masih ada lagu-lagu berformat MP3 yang suaranya kecil sehingga terasa kurang puas saat kita mendengarnya, kamu pun pasti pernah mengalaminya, kan? Lantas, bagaimanakah cara memperbesar suara MP3 tersebut tanpa mengurangi kualitasnya?

Kamu tidak perlu khawatir lagi karena untuk memperbesar suara MP3 itu bisa diakali dengan MP3 Audio Editor. Perangkat lunak ini memang dirancang untuk mengedit file audio, khususnya MP3. Bahkan fitur CD burner juga tersemat di dalamnya untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin menyimpan file MP3-nya ke dalam keping CD.

Baca Juga : Beginilah Cara Setting Otomatisasi Hibernate di Laptop

Dibandingkan dengan software sejenis, MP3 Audio Editor memiliki kelebihan, salah satunya adalah tool ini dapat memperbesar suara MP3 hingga 3 kali lipat. Terdapat empat ukuran perbesaran (amplify gain) yang dapat kamu pilih, yaitu quarter volume, half volume, double volume dan triple volume. Bahkan kamu bisa membuat parameter sendiri untuk peningkatan besarnya suara, misalnya 100%, 150%, 200% dan seterusnya pada kolom Amplify Gain.

Berikut ini disajikan cara memperbesar suara MP3 hingga 3x lipat secara step by step.

  1. Unduh terlebih dulu MP3 Audio Editor di https://mp3-audio-editor-software.en.softonic.com/.
  2. Jalankan software tersebut setelah kamu instal dengan baik dan sempurna.
  3. Pada antarmuka kamu akan menemukan beberapa menu, diantaranya File, Edit, Effect, Noise Reduction, Bookmark, Option.
  4. Sekarang coba pilih file MP3 yang akan kamu perbesar suaranya. Klik “File” > “Open” atau langsung klik “Open”. Browse atau cari file yang tersimpan dalam komputer atau laptop kamu.
  5. Setelah file itu berhasil di-inputkan lalu klik “Effect” > “Amplify”.
  6. Dalam kotak dialog “Amplify” tersedia menu “Amplify Gain (%)” dan “Presets”.
  7. Kemudian klik “Presets” > “Select Preset”. Dalam “Select Preset” tersedia empat pilihan yaitu Quarter Volume, Half Volume, Double Volume, dan Triple Volume.
  8. Pilih salah satu dari empat pilihan tersebut. Kemudian klik “OK” dan tunggu hingga proses selesai.
  9. Hasilnya dapat langsung dicek dengan cara menekan tombol “Play” yang tersedia di bagian bawah sebelah kiri.
  10. Apabila hasilnya terlalu besar atau masih kecil bisa dikembalikan lagi proses tersebut dengan menekan fitur “Undo” di bagian paling atas sebelah kiri software ini.
  11. Setelah merasa yakin hasilnya sesuai dengan harapan, maka simpan file MP3 tersebut dengan menekan fitur “Save” yang terletak di sebelah kiri “Undo” pada bagian atas tool ini. File dapat disimpan dalam bentuk MP3 lagi atau jenis lain seperti WAV, WMA, OGG, dll.

Artikel Populer : 4 Aplikasi Keren yang Harus Ada di Handphone Samsung Kamu

Demikianlah cara memperbesar suara MP3 hingga 3x lipat, mudah bukan?