Cara memilih batik yang bagus dan tepat

Cara memilih batik yang bagus dan tepatBatik merupakan pakaian produk asli dalam negeri terutama daerah Yogyakarta. Beragam corak dan jenisnya , batik menjadi kebanggan bagi rakyat Indonesia karena sudah mampu bertengker di kancah dunia. 

Budaya nyata Indonesia sudah tidak bisa diragukan lagi , dari sisi budaya kuliner , makanan khas Indonesia juga bisa tembus di kancah global . Warisan dunia yang kalah menariknya adalah Candi Borobudur dan Pulau Komodo yang harus dilestarikan agar Indonesia selalu Go Internasional. Dalam hal busana , katakanlah Dian Pelangi dengan karya-karya busana muslimahnya yang sudah tidak diragukan lagi kualitas dan keindahannya. 

Kembali ke bahasan, dalam dunia fashion . Untuk mendapatkan penampilan yang indah tidak mesti mahal dan bergengsi biarpun sederhana tetapi rapi adalah salah satu kunci seseorang tampil bagus di depan umum. Batik , sebagai hasil karya tangan bangsa , banyak digunakan semua kalangan masyarakat yang tidak mengenal tempat dan waktu. Beberapa tahun belakangan , batik hanya digunakan untuk keperluan tampil pada acara-acar besar seperti hajatan atau pakaian adat . Tapi sekarang , batik sudah digunakan kapan saja , banyak juga corak dan jenisnya yang dijual dipasaran terutama ketika berwisata di kota Yogyakarta tepatnya di pusat kerajinan pasar Malioboro. 

Buat kamu yang punya hobi belanja , terutama belanja baju batik , maka tips ini bisa jadi rujukan sebelum membelinya . Berikut cara memilih batik yang tepat untuk wanita ataupun pria. 

1. Bahan 

Kualitas bahan adalah hal yang sangat mendasar karena setiap produk pasti menggunakan bahan yang berbeda. Ada yang menggunakan jenia katun dan ada pula bahan sutera. Kedua jenis bahan tersebut sangat jelas berbeda dari kualitas dan tentunya dari segi harga. Jadi sebelum membelinya , cobalah untuk bertanya dulu pada penjualnya bahan apa yang digunakan . 

2. Motif 

Jika tergantung pada motif tertentu maka bisa dipastikan anda tidak akan melihat keunikannya. Jika punya uang yang banyak , cobalah untuk memiliki batik dalam beberapa motif karena setiap daerah mempunyai motif yang berbeda-beda dan mengandung arti tersendiri. Namun biar pengeluarannya tidak terlalu banyak , pilihlah motif sesuai keinginan anda sendiri dan cobalah apakah cocok atau tidak ketika dicoba. 

3. Warna 

Selain pemilihan motif dan bahan , cara memilih batik yang tepat pula bagus untuk memperhatikan warnanya. Pada umumnya , background batik menggunakan warna tanah . Untuk acara Formal kamu bisa memilih warna yang gelap sedangkan untuk acara mon formal maka pilihlah warna yang cerah . Tapi saya ingatkan , sebelum membeli bisa mencoba terlebih dahulu apakah pas atau tidak dengan kulit , bentuk ,usia dan postur tubuh. 

 

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan