Cara memelihara binatang kesayangan agar tetap sehat dan bugar

Halo sahabat Blabla Indonesia – Setiap orang punya hobi masing-masing dan sangat bagus kalau hobi tersebut bisa dikembangkan sebagai penghasil pundi-pundi rupiah dan pemuas kebutuhan .

Salah satunya adalah hobi terhadap binatang kesayangan seperti burung , kucing dan ikan . Bagi pecinta hewan tentu punya cara tersendiri dalam merawatnya supaya tetap sehat dan bergairah .

Rasanya kalau binatang kesayangan kita tidak sehat serasa hidup juga tidak semangat , kerja malas dan stress apalagi kalau meninggal masa mau ikut mati juga…hehehe

Dalam merawat binatang kesayangan sebenarnya sangat sederhana yang bisa kita lakukan tapi harus rutin dan teratur juga ibarat merawat tubuh kita .

Coba lihat foto ini , bagaimana pendapatmu ?

pelihara burung cantik

Dari seklias saja sudah memberikan warna bagi mata kita untuk melototin foto tersebut apalagi kalau terdengar kicauannya dan digantung di depan rumah . .hmmm kayaknya indah ya ..

Perawatan hewan juga bisa mengeluarkan banyak uang sehingga dapat kita jumpai suami yang dimarahi istrinya karena terus minta uang buat beli pakan dan vitaminnya . Disisi lain si suami juga keukeuh ingin memelihara binatang yang jadi idolanya dan umumnya dilakukan oleh kelas menengah ke atas .

Lalu bagaimana sih Cara memelihara binatang kesayangan agar tetap sehat dan bugar ? Coba lakukan langkah sederhana ini :

1. Jangan biarkan peliharaan anda stress

Hal pertama yang harus dihindari jangan sampai stress , tidak tahu juga alasannya tapi kebanyakan mati pemicunya ya ini .

Banyak penyebab bisa stress pada hewan salah satunya adalah karena adu jotos , takut sama pemiliknya karena belum jinak dan gerak gerik yang tidak tenang ( biasanya anak-anak ) sehingga nabrak-nabrak dinding kandang.

2. Upayakan kandangnya selalu bersih

Kita juga sebagai manusia tidak suka sama tempat yang kotor dan bau , begitupun dengan binatang kesayangan anda . Jagalah selalu bersih dan bersihkan setiap 3 hari atau seminggu sekali kotorannya .

Pada burung pleci misalnya , kalau tidak dibersihkan akan menumpuk dan banyak semut berkeliaran di bawahnya . Kabannyakan pasukan semut membuat burung jadi stress dan bisa saja bakteri serta virus menular . Bukan hanya pada pleci saja , melainkan ke semua jenis dan ukuran kandangnya.

3. Jaga air tetap bersih dan segar

Air yang lama tak diganti akan menjadi sarang bagi bakteri untuk betrkembang biak , bayangkan jika bakteri tersebut diminum sama hewan peliharaan anda ? Tak lama pasti akan mati jika tidak langsung ditangani . Pastikan bahwa airnya selalu diganti maksimal 3 hari sekali , setiap hari justru lebih bagus..sayang kan kalo mati , harganya mahal dan bikin pusing kita .

4. Jemur pada sinar matahari

Cara ini juga berdampak baik pada hewan anda , biasakan setiap hari anda menjemurnya di bawah jam sembilan pagi . Kalau anda menjemur di atas jam sembilan bisa mengakibatkan dehidrasi dan terlalu panas . Lagian takut juga kalo Flu dan batuk deh …heheh

Waktu di sarankan : 07.00 – 09.00 .

5. Berikan makanan dan vitamin

Makanan memang hal pokok , pastikan pula anda menambahkan vitamin penunjang supaya lebih sehat dan bugar terbebas dari penyakit . Banyak kok yang jualan vitaminnya …

6. Jadikan bahwa anda adalah temannya

Hehehe…sedikit lucu juga ya , tapi memang harus seperti itu . Lakukan pendekatan supaya mereka tidak merasa takut pada anda dan selalu tenang dengan siapapun sehingga tidak akan stress .

Jangan lupa pula mengurusnya dengan hati yang lemah lembut , gak percaya ??? Buktikan !!!.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan