cara membantu sahabat yang sedang kesusahan

masalah

Bagaimana cara membantu sahabat yang sedang kesusahan ? – Pertanyaan ini mungkin sering terbenak dalam hati anda saat salah seorang sahabat terbaik anda sedang dilanda masalah dan kesusahan . Tahukah kamu bahwa sahabat yang baik itu akan hadir dalam suka maupun duka , sekarang dan yang akan datang sehingga terjadi tali persaudaraan yang sangat erat .  

Punya banyak teman memang asyik loh , saat kita merasa jenuh pun bisa terhibur karena kehadiran sahabat , bayangkan coba kalau kamu tidak punya teman ? Hidup ini seolah-olah bagai neraka kan ?. Bukan hanya itu,kadang kita juga bisa curhat mengenai masalah apa saja baik percintaan , ekonomi , karir dan sekedar humor pun bisa kita dapatkan namun sayangnya kadang ada juga kendala yang mungkin kita alami , tidak semua teman akan berdampak bagus pada diri kita maka disinilah kita harus pilah-pilih dalam mendapatkan teman yang baik dan bisa memotivasi hidup ke arah yang lebih baik apalagi jika usia kita masih labil maka pengaruh lingkungan pun sangat tinggi. Artinya kita jangan sampai terbawa arus ke arah pergaulan yang jelek. 

Oke , sobat Blablaid kali ini kita akan share cara membantu sahabat yang sedang kesusahan , semoga dengar hadirnya artikel ini kamu bisa membuka hati lebar-lebar ya jangan sampai seperti batu keras yang tidak mau membantu yang lainnya. 

1. Jadi pendengar yang baik 

pendengar baik

Ketika sahabat anda curhat atas masalah pribadinya , cobalah untuk menjadi pendengar yang baik ya. Dengarkan pembicaraannya hingga hatinya kembali lega .  

2. Jangan sombong 

sombong

Jawablah telepon atau sms walaupun disaat anda sibuk sekalipun . Dengan hal ini akan menjadi penghibur dan dia merasa lebih diperhatikan sehingga hatinya tidak galau.  

3. Jangan bandingkan dia dengan orang lain secara berlebihan. 

Ketika sahabat anda curhat itu tandanya dia sedang butuh dukungan dan motivasi untuk menghadapi masalahnya . Berikanlah dukungan yang sehat supaya dia bisa bangkit namun yang harus diperhatikan adalah jangan sampai anda membandingkan dengan teman kamu yang masalahnya sama . Jika hal ini kamu lakukan akan membuatnya merasa tersinggung. 

4. Genggam tangan dan peluklah 

silaturahmi

Jika ucapan atau dukungan kamu masih tidak mempan , cobalah untuk  mengenggam tangan dan peluklah dia . Terkadang teman yang sedang dalam kesusahan butuh waktu sejenak untuk bersandar . Biarlah sejenak dari masalahnya dalam pelukan anda . Tapi ingat cewek harus dengan cewek , cowok pun demikian , jangan sampai cewek dengan cowok pastinya akan timbul hal lain deh. 

5. Bertanyalah bantuan apa yang bisa anda lakukan 

sahabat sejati

Selain poin diatas, cobalah tanyakah jenis bantuan apa yang bisa anda lakukan padanya , dengan memberikan ruang tersebut kita bisa mengetahui apa yang dia utarakan atas masalahnya dan dia akan menganggap anda sebagai bagian dari hidupnya untuk selalu berusaha . Tapi bantulah sesuai kemampuanmu ya…. 

Jadi sobat , dalam membantu sahabat yang sedang kesulitan perlu pendekatan yang lebih khusus walaupun demikian kita sebagai sahabat ya tetap berusaha sebaik mungkin untuk bisa saling tolong-menolong . Oke , jika artikel ini bermanfaat  jangan lupa share ya untuk membantu teman-teman lainnya dan semoga artikel ini bisa bermanfaat besar bagi silaturahmi kita semua..amiin 

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan