Cara Cepat Deteksi Bad Sector dan Kesalahan Harddisk

Apa yang Anda lakukan ketika sistem Windows Anda mulai sering menunjukkan pesan kesalahan? Di mana Anda pertama kali mencari akar masalahnya? Bila Anda memastikan semua aplikasi berjalan normal tetapi tetap ada pesan kesalahan, bisa dipastikan terdapat masalah pada harddisk. Lantas, bagaimana cara cepat deteksi bad sector dan kesalahan harddisk?

Macrorit Disk Scanner merupakan salah satu aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk membantu mendeteksi dan bahkan mengoreksi kesalahan yang paling umum pada harddisk. Meskipun, sistem komputer Windows telah menyediakan tool untuk memeriksa kesalahan harddisk, yang menawarkan banyak opsi command prompt untuk menscan harddisk guna mencari kesalahan dan bad sector, tetapi masih banyak user yang kurang paham.

Jadi untuk itu Anda bisa menggunakan tool dari pihak ketiga. Biasanya tool dari pihak ketiga dapat menyediakan beberapa pilihan dan fitur yang lebih baik. Macrorit Disk Scanner ini merupakan tool yang sangat handal dan membantu untuk memindai ‘bad sector’ dari suatu sistem. Sebuah sistem harddisk yang memiliki beberapa “bad sector” yang sebenarnya cluster data yang tidak dapat dibaca. ‘Bad sector’ ini memunculkan berbagai kesalahan fungsi dan memperlambat kecepatan sistem secara signifikan. Hal ini juga menunjukkan kesalahan dan munculnya blue screen.

Terdapat banyak tool scaner disk yang tersedia di internet, tetapi tool Macrorit Disk Scanner lebih sederhana. Mungkin yang perlu diperhitungkan adalah tool ini gratis dan sangat mudah digunakan untuk PC Windows sehingga Anda bisa cepat deteksi bad sector dan kesalahan harddisk.

Jadi akan sangat berguna karena Anda dapat memindai seluruh disk atau partisi. Anda dapat lebih mempercepat scan dengan membatasi area scan. Aplikasi ini berjalan lebih cepat daripada Windows disk scanner.

Program ini menampilkan statistik lengkap di panel atas yang meliputi device yang dipilih, kecepatan scan, jumlah kesalahan yang ditemukan, scan area, estimasi waktu dan perkiraan waktu yang tersisa untuk menyelesaikan scaning.

Cara untuk mengetahui seberapa banyak kesalahan yang telah ditemukan dan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses tersebut. Tool ini juga menyimpan log scan sistem Anda sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja. Macrorit adalah tool yang mampu mendiagnosa kesalahan, tapi sayangnya dia tidak dapat memperbaiki bad sector.

Bila Anda tertarik dengan aplikasi ini, bisa mendownloadnya di http://macrorit.com/disk-surface-test/disk-surface-test.html. Itulah cara cepat deteksi bad sector dan kesalahan harddisk dengan menggunakan aplikasi Macrorit Disk Scanner.