Cara agar Gigi anak sehat dan kuat , lakukan kebiasaan ini bunda !

Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kita khususnya bagi anak , sangat disayangkan mom banyak diantara kita yang tidak mementingkan kesehatan gigi anaknya. Padahal ini merupakan hal yang sangat penting dilakukan karena gigi yang tidak dirawat akan berwarna ” kuning ” dan akhirnya menjadi sarang besar bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak.

Gigi kuning pada anak menjadi indikasi bahwa mereka jarang atau bahkan tidak pernah merawat gigi mereka , akibatnya pada keropos,bolong dan iritasi, semua itu tergantung kebiasaan bundanya untuk memberikan pendidikan positif agar anak semangat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusinya. Dari kebiasaan inilah yang akan membuat anak membiasakan diri untuk menjaga kesehatannya ketika menginjak usia remaja.

Bagi orang dewasa mungkin rasanya sulit untuk merawat gigi karena berbagai aktifitas yang membuatnya tidak sempat merawatnya, tapi akan lebih sulit lagi anak jika tidak dibiasakan untuk merawat kesehatan giginya dan nantinya anakn akan menyepelekan hal ini.

Supaya anak kita giginya sehat dan kuat, cobalah bunda untuk mengajarkan kebiasaan ini .

1. Kebiasaan menggosok gigi

Sejak kecil cobalah berikan  kebiasaan pada anak untuk menggosok gigi , ini merupakan hal yang sangat penting. Setelah makan ataupun sebelum tidur ajarkan untuk menggosoknya . Jangan lupa pula untuk menyiapkan sikat dan pasta gigi yang dikhususkan untuk anak.

2. Makanan kaya Gizi

Masa kecil merupakan masa dimana pertumbuhan dan perkembangannya sangat cepat jangan sampai anak anda terkena ” gizi buruk ” ya. Tidak terkecuali dengan kesehatan giginya, berikan makanan yang banyak mengandung protein ,mineral,kalsium dan vitamin kesemu jenis nutrisi yang dibutuhkan tersebut bisa didapatkan dari sayuran maupun buah segar.

3. Cara menggosok gigi

Selain memberikan kebiasaan untuk menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, bunda juga harus mengajarkan si kecil teknik menggosok gigi yang baik dan benar. Jangan asal menggosok gigi saja karena jika tidak tepat akan membuat iritasi gusi serta giginya. Berikan teknik menggosok yang sudah banyak dibahas oleh dokter spesialis gigi.

4. Flossing

Flossing merupakan kegiatan membersihkan sisa makanan yang masih menempel pada gigi si kecil , ajarkan anak untuk melakukan flossing ini dengan cara menggosok gigi teratur dan berkumur supaya bakterinya tidak berkembang.Hindari Flossing menggunakan tusuk gigi karena ini akan membuat gusi anak iritasi dan giginya akan longgar.

5. Periksa berkala

Selain keempat poin diatas, jangan lupa juga mom untuk memberikan perhatian penuh pada si kecil dengan cara memeriksa gigi secara berkala atau setiap enam bulan sekali. Dengan cara ini membantu gigi anak tetap sehat,kuat dan mengetahui keberadaan gigi anak yang bermasalah. 

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan