7 Penyebab Munculnya Gejala PMS tapi Tidak Kunjung Menstruasi

Wanita yang memasuki masa puber, yakni yang usianya sudah menginjak 11 tahun keatas. Dan seperti yang sudah kita ketahui, bahwa wanita yang sudah puber itu akan mengalami menstruasi. Akan tetapi, setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Ya, sebagian wanita ada yang mengalami haid pada tepat waktu, dan sebagian wanita lainnya ada yang memiliki haid tidak bisa diprediksi. Menstruasi itu sendiri haid dikarenakan meluruhnya lapisan dinding rahim, sehingga akan terjadi pendarahan yang keluar dari organ intim. Lantas, seperti apakah yang menjadi pembeda antara siklus menstruasi normal dengan yang tidak normal? Nah, untuk mengetahui tentang ciri-ciri siklus menstruasi normal, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Warna Darah

Pada umumnya, darah haid yang normal itu berwarna merah terang seperti buah ceri ranum. Akan tetapi, warna merah tersebut akan bervariasi yang tergantung pada tingkat volume darah maupun kekentalan teksturnya. Darah yang berwarna merah terang ini biasanya akan terjadi pada hari menstruasi pertama dan kedua, dikarenakan di awal biasanya masih segar sehingga alirannya juga cukup deras. Ketika memasuki hari terakhir menstruasi, maka darah yang keluar akan berubah kecoklatan. Ya, hal itu juga bisa disebabkan karena sisa dari siklus menstruasi bulan yang lalu tidak luruh sepenuhnya.

  1. Durasi Waktu Haid

Dalam siklus menstruasi normal, biasanya anda akan mengalami haid selama 3 hingga 7 hari. Meski demikian, ada juga beberapa wanita yang mengalami haid selama 2 hari saja. Variasi lamanya waktu haid juga tergantung pada banyak atau tidaknya volume darah yang keluar. Jika terjadi selama 2 hari, secara umum darah yang dikeluarkannya itu lebih banyak. Adapun mengenai menstruasi yang tidak kunjung usai, yang bisa disebabkan karena beberapa faktor. Ya, faktor-faktor tersebut diantaranya adalah penggunaan pil KB, adenomiosis, PCOS, berat badan yang berlebihan (obesitas), dan penyakit tiroid.

  1. Terjadi Keputihan

Ciri-ciri berikutnya dari siklus menstruasi normal yang harus anda ketahui, yakni terjadinya keputihan. Ya, biasanya anda anda akan mengalami keputihan beberapa hari menjelang menstruasi. Lantas, apa yang menjadi penyebabnya? Keputihan tersebut terjadi karena diproduksi oleh leher rahim, yang akan berlangsung selama masa subur. Adapun mengenai ciri-ciri wujud dari keputihan tersebut seperti cairannya yang berwarna bening (seperti putih telur), teksturnya yang kental serta lengket, dan tidak berbau.

  1. Beberapa Gejala Haid Yang Terjadi

Gejala PMS ini biasanya akan muncul beberapa hari menjelang haid, yang akan berhenti di hari-hari pertama menstruasi. Terdapat pula serangkaian gejala-gejala yang masih termasuk normal. Namun bila gejala yang ditimbulkannya cukup parah, kemungkinan juga bahwa anda mengalami PMDD. Jika anda mengalami pendarahan di organ intim diluar siklus menstruasi, atau perubahan warna darah haid, keputihan tidak normal, dan rasa sakit yang sangat terasa, maka segera periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Adapun mengenai beberapa gejala haid yang terjadi seperti di bawah ini :

– perut kembung

– sulit tidur

– kram pada perut bagian bawah dan punggung

– payudara menjadi sensitif

– perubahan mood

– muncul jerawat

– ngidam pada makanan-makanan tertentu

Itulah beberapa ciri-ciri siklus menstruasi normal yang tentu saja harus anda ketahui. Dengan mengetahuinya, anda pun dapat membedakan mana siklus menstruasi normal dengan yang tidak normal.