Berbagai Macam Usaha Es Buah

Es buah ada beragam jenisnya. Apa pun rasa dan resep es buah, yang pasti es buah memiliki rasa yang segar dan menyehatkan karena dibuat dari bahan-bahan alami. Nah, karena begitu banyak peminatnya, tentu beragam macam usaha es buah ini merupakan peluang usaha 2017 yang potensial.

Iklim tropis di Indonesia membuat usaha ini tak surut karena matahari yang terus menerus ada sepanjang tahun. Paling penurunan penjualan sedikit terasa di musim hujan. Cuaca yang panas membuat orang mudah haus dan cenderung mencari kesegaran dari es buah.

Hal yang dibutuhkan untuk merintis usaha pada umumnya cukup standar, yaitu modal awal. Modal awal ini dapat berupa dana, lokasi tempat berjualan, peralatan dan lain-lain. Lokasi yang cocok untuk berjualan es buah adalah tempat yang strategis, lebih asik lagi kalau ada tempat bersantai seperti taman atau tempat wisat. Selain itu bisa juga dijual di dekat sekolah, pinggir jalan, depan mini market dan lain-lain. Harga es buah yang terjangkau tentunya juga menjadi salah satu faktor untuk menarik minat pembeli dan tak ragu untuk membelanjakan uangnya. Namun bila ingin berjualan dengan harga sedikit agak mahal, maka Anda bisa membuka stan di pasar modern seperti mal atau pun tempat pariwisata.

Bila bingung dengan jenis usaha es buah mana yang akan dilakoni, berikut ini akan dibahas mengenai jenis-jenis bisnis rumahan ibu rumah tangga berupa es buah tersebut.

Es Kelapa Muda

Ini adalah jenis es buah yang paling praktis. Untuk airnya cukup memanfaatkan air kelapa langsung tanpa harus meracik minuman dingin yang akan disajikan. Bisa juga menawarkan variasi lain dengan menambahkan sirup pada air kelapa atau dengan campuran air jeruk. Sementara untuk campuran buahnya, bisa mengeruk daging kelapa di dalam kelapa. Gunakan kelapa yang masih mudah untuk disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan ini. Untuk mendirikan bisnis ini, Anda cukup menyediakan dana sekitar Rp 500 ribu-an saja.

Es Teler atau Es Campur

Sesuai dengan namanya, es ini terdiri dari berbagai jenis buah-buahan. Ada berbagai nama julukan untuk es campur ini, salah satu yang terkenal adalah Es Teler. Selain buah-buahan, pada campuran es ini bisa disertakan kolang kaling, tapai dan rumput laut. Sementara buah-buahan yang biasa digunakan adalah nangka, alpukat, mangga, nanas, semangka, melon dan lain-lain. Kemudian bubuhkan es serut atau gunakan air es yang sudah dicampur dengan sirup atau susu. Agar tampak lebih menggiurkan, Anda bisa menyediakan wadah es yang menarik dengan gerobak es yang lucu. Modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini lumayan beragam. Setidaknya Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp 1 juta.

Es Cincau

Es ini terbuat dari potongan cincau dengan kuah yang segar. Anda bisa membuat cincau sendiri dari perasan daun cincau atau membeli jadi. Memang proses yang dibutuhkan agak lebih lama unuk melakukan pembuatan cincau. Tetapi bila ingin membeli cincau pun pastikan berasal dari bahan yang bersih dan alami. Modal awal yang dibutuhkan tak terlalu besar, cukup Rp 500 ribu saja.

Es Blended

Tentu saja untuk bisa berjualan es blended ini Anda harus memiliki peralatan berupa blender untuk mencampur es, air dan bahan yang akan diblender. Anda bisa menggunakan bubuk rasa es dalam kemasan yang bisa dibeli di pasar atau supermarket atau pun membuat stan wara laba. Sebagai variasi, bisa juga menambahkan bahan campuran berupa bubble, puding atau jeli.

Demikianlah beberapa jenis usaha es buah yang dapat dicoba untuk berbisnis.