Beli Sepatu Baru? Ini Tips Hindari Lecet

Hampir setiap 6 bulan sampai 1 tahun, setiap orang membeli sepatu yang baru. Apalagi pada saat ini banyak sekali produsen sepatu yang berkompetisi membuat sepatu nyaman untuk kaki penggunanya. Selain itu, berbagai model pun bermunculan sehingga membuat pembeli bingung untuk membeli sepatu barunya. Namun, ada kemungkinan satu kekurangan saat memakai sepatu baru yaitu lecet pada kaki. Lecet tersebut disebabkan karena ukuran kaki tidak sesuai dengan ukuran sepatu karena baru dipakai sekali atau dua kali. Tapi tidak usah takut, ada banyak cara untuk menghindari lecet pada kaki setelah membeli sepatu baru.

Cara 1: Pakai Sepatu Sambil Tidur

Cara pertama ini mengikuti para atlet balet yang bertujuan untuk melenturkan bentuk sepatu barunya sesuai dengan bentuk kaki pemiliknya saat tidur. Selain saat tidur, bisa juga melenturkan sepatu baru saat melakukan aktivitas kecil di dalam rumah. Cara ini akan membuat sepatu baru lebih nyaman ketika dipakai kemanapun.

Cara 2: Simpan dalam Freezer

Hal pertama yang harus dilakukan dari cara kedua ini adalah masukkan sepatu baru ke kantung plastik, kemudian masukkan ke dalam freezer sekitar 6 jam. Setelah selesai, langsung kenakan sepatu baru sekitar setengah jam saat melakukan aktivitas di rumah. Cara ini akan membuat bahan sepatu menjadi lunak serta mengikuti bentuk kakiĀ  karena panas dan keringat.

Cara 3: Gunakan Kaus Kaki Tebal

Cara ketiga ini adalah cara paling sederhana untuk menghindari lecet dengan menggunakan kaus kaki tebal. Gunakan kaus kaki yang tebal lalu pakai sepatu baru minimal 1 jam sebelum pergi keluar rumah. Hal ini akan membantu melenturkan sepatu baru mengikuti bentuk kaki.

Cara 4: Oleskan Lotion Kulit

Cara terakhir untuk menghindari kaki lecet akibat sepatu baru adalah menggunakan lotion kulit yang bermanfaat menghindari atau meminimalisir gesekan antara kaki dengan sepatu baru sehingga tidak terjadi lecet pada kaki.

Jika tidak ingin merasakan lecet pada kaki atau tidak ingin mengikuti keempat cara di atas, solusinya adalah membeli sepatu baru yang sudah bisa langsung menyesuaikan dengan kaki seperti sepatu adidas classic yang sudah didesain memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada pembeli.