Beginilah Cara Setting Otomatisasi Hibernate di Laptop

Sebagian besar laptop sekarang akan secara otomatis masuk ke sleep mode saat Anda menutup layarnya. Ini karena kebanyakan user menutup laptop, memasukkan ke dalam tas. Perlu diperhatikan tidak disarankan menutup laptop pada kondisi laptop sedang bekerja, kecuali laptop tersebut mempunyai sistem hibernate yang bagus, dimana semua sistem akan dimatikan, termasuk hardisk pun akan berhenti bekerja. Tapi jangan kuatir, Anda bisa melakukan beberapa pengaturan agar sistem tetap terjaga. Bagaimana sih cara setting hibernate di laptop?

Artikel Populer : Cara Mengakses Dan Mengedit Dokumen Secara Offline Di Google Drive

Laptop memang butuh perawatan dan pengaturan khusus agar dalam penggunaan sehari-harinya tidak menimbulkan masalah, bahkan dapat membantu kita secara efektif dan efisien. Berikut ini cara setting hibernate di laptop. Anda bisa mencoba sendiri di rumah dan ini merupakan langkah atau cara yang mudah untuk dipraktekkan.

  • Untuk mengubah pengaturan. Cukup klik ikon di sistem tray baterai Anda, ialu pilih opsi More power.
  • Sebagai alternatif, Anda dapat membuka jendela Power Options langsung dari pencarian Start Menu Anda.
  • Pada jendela Power Options yang terbuka , klik link “Choose what closing the lid” pada sidebar kiri.

Di sini Anda dapat memilih tombol power apa pada komputer Anda, serta apa yang terjadi saat Anda menutup LCD nya. Anda dapat memilih Do nothing, Sleep, Hibernate, atau Shutdown. Secara umum, Sleep adalah pilihan yang baik, tetapi jika Anda ingin meninggalkan laptop Anda berjalan, pilih Do nothing.

Perhatikan bahwa Anda dapat mengubah pengaturan untuk kedua “On battery” dan “Plugged in”. Dari sini laptop yang Anda miliki akan masih tetap berfungsi dan lain halnya dengan handphone sebab umumnya kita akan membiarkan laptop berfungsi sepanjang keperluan catu dayanya power memakai adaptor. Namun saat memakai baterai, alhasil hal itu akan mengaktifkan sistem fitur “auto saver power”.

Di sini Anda akan melihat beberapa pengaturan lagi, meski mereka dilindungi secara default. Klik Change bila Anda ingin mengubah settingannya.

Baca Juga : SteelSeries Rival Gaming Mouse, Mouse Gaming dengan Akurasi yang Mematikan

Sekarang Anda dapat memilih apakah ingin komputer Anda ditambahkan password ketika aktif dari mode Sleep.

Setelah Anda selesai, klik Save di bagian bawah untuk mulai menggunakan pengaturan baru. Jika Anda ingin beralih kembali ketika Anda bisa mengaturnya kembali, ulangi langkah-langkah dan atur seperti yang Anda inginkan. Sekarang Anda memegang kendali penuh apa yang terjadi bila Anda menutup laptop Anda.
Demikian beberapa langkah setting otomatisasi hibernate di laptop. Mudah-mudahan mudah dipahami, selamat mencoba dan semoga berhasil.