Begini Rahasia Sukses Import Barang China

Tak bisa disangkal bahwa cara mudah import barang china selalu menjadi pertanyaan menarik yang ingin diketahui jawabanya oleh setiap usahawan. Hal ini tak terlepas dari kenyataan bahwa di China ada banyak produk dengan kualitas cukup baik tersedia dengan harga yang sangat murah. Harganya bisa mencapai 10 kali lipat lebih murah jika dibandingkan dengan yang ada di Indonesia untuk kualitas produk yang sama. Jadi siapa yang tidak tertarik untuk melakukan import dengan kondisi semacam itu?

Murahnya barang yang berasal China itu disebabkan karena di sana terdapat sumber daya alam yang cukup memadai dengan dukungan sumber daya manusia. Di sana ada banyak pabrik dan industri yang berkembang dengan pesat. Apalagi jumlah penduduknya adalah yang terbesa di dunia. Hal ini menjadikan China sebagai negara dengan jumlah produksi barang yang beraneka ragam dengan stok melimpah. Dan Indonesia adalah tujuan eksport barang china yang sangat tepat.

Indonesia juga negara dengan jumlah penduduk terbesar. Tapi ususan produkvitas jauh di bawah China. Maka tidak salah jika indonesia adalah tujuan pasar yang sempurna untuk China. Indonesia banyak melakukan import-import barang dari China mulai dari barang kecil seperti baju, rautan pensi, silet hingga produk besar seperti mobil, motor dan lainya dengan ciri utama made in China.

Tingginya minat dan persaingan barang yang ada di Indonesia adalah peluang bagi siapa saja untuk mendatangkan barang dari china dan menghasilkan keuntungan besar. hanya saja, cara mudah import barang china juga harus diimbangi dengan strategi lainya agar bisa sukses setelah melakukan import. Apa saja yang dibutuhkan saat import barang dari china agar sukses?

  1. Fokus pada jenis produk yang diimport

Produk yang bisa di import dari china itu ada beragam jenisnya. Tidak semua produk dari china bisa sukses bila dijual di pasar Indonesia. Sebab ada beberapa produk yang bisa dibuat di dalam negeri dengan kualitas bersaing dengan china. Lalu jika memilih untuk mengimport seluruh jenis produk dari china, kita tidak akan bisa fokus. Jadi langkah pertama untuk melakukan import barang dari china alah menentukan jenis produknya terlebih dahulu. Lihat pasar di indonesia, cari eksportir dari China dan lakukan pembelian baru import. Baru nanti kalau sudah berkembang, kita bisa menambah ke jenis produk lainya.

  1. lakukan kontak pembelian dan buat alat pembayaran yang disepakati

Setelah menemukan jenis barang yang sesuai yang akan kita jual di negara ini, selanjutnya melakukan kontak pembelian dan menentukan alat pembayaran serta perjanjian lainya. Menghubungi pihak penjual yang ada di China bisa dilakukan dengan berbagai alat komunikasi. Bisa menggunakan SMS, telepon, email, chat, surat menyurat dan lainya.

Sedangkan untuk jenis alat pembayaran juga beragam, bisa menggunakan Paypal,  Telegraphic Transfer atau TT an Western Union. Tergantung yang kita sepakati dengan penjual. Bila produk yang akan kita import sangat banyak, ada baiknya menggunakan pembayaran bank saja. keamananya jauh lebih baik. Misalnya lewat bank mandiri atau bca.

Seiring dengan kemajuan teknologi, cara mudah import barang china bisa dilakukan oleh siapa saja dan akan semakin mudah. Bahkan bila menggunakan paypal, pembayaran bisa dilakukan hanya dengan klik di layar smartphone. Hanya saja untuk keamananya jauh lebih aman menggunakan pihak bank.