Begini Cara Promosi Online yang Efektif

Para pelaku bisnis di era digital seperti sekarang ini dituntut untuk terus berinovasi memanfaatkan media yang berkembang di masyarakat sebagai mangsa pasar mereka. Di zaman yang serba online, mau tidak mau kegiatan jual-beli pun turut mengikuti perkembangan teknologi yang sedang terjadi. Salah satunya adalah menjamurnya bisnis dan toko online. Namun bermodalkan gadget dan koneksi internet saja tidak lantas menjamin bisnis yang Anda jalankan akan segera menghasilkan keuntungan yang memuaskan. Harus ada strategi promosi dan penjualan yang diterapkan agar bisnis Anda tepat sasaran. Apa saja kira-kira yang harus menjadi titik perhatian dalam melakukan promosi toko online Anda? Yuk simak Cara Promosi Online yang Efektif berikut ini!

  1. Promosi Lewat Marketplace

Menggunakan marketplace sebagai media promosi bisa dibilang cukup efektif untuk para pelaku bisnis baik prooduk maupun jasa. Sebab, cakupan pembeli melalui market place lebih besar jika dibandingkan dengan metode selebaran maupun iklan di media lain. Seperti yang kita tahu, internet memungkinkan pengguna untuk terus mengakses suatu kanal informasi secara cepat dan mudah. Jika Anda ingin memulai untuk berpromosi melalui marketplace, pastikan toko Anda mencantumkan hal-hal sebagai berikut: deskripsi produk/jasa, foto, profil usaha Anda, alamat, kontak, cara pemesanan, cara pembayaran, dan testimonial.

  1. Promosi lewat Social Media

Indonesia adalah negara yang menempati peringkat atas dari seluruh negara di dunia dengan pengguna social media yang sangat banyak. Hal ini memungkinkan para pelaku bisnis di Indonesia untuk mempromosikan toko online mereka melalui social media. Selain memiliki jaringan pengguna yang sangat luas, Social media juga memungkinkan untuk menjalin kekerabatan emosional antara penjual dan pembeli. Karena itu, cobalah untuk bergabung dengan sosial media dimana produk/jasa Anda banyak dibahas, serta social media dimana mangsa pasar Anda banyak memiliki aktivitas. Anda juga bisa memanfaatkan jasa endorse ke pengguna-pengguna social media yang mempunyai jaringan pertemanan yang luas. Hal ini efektif untuk menarik minat calon pembeli, jika melihat produk atau jasa Anda digunakan oleh idola mereka.

  1. Promosi lewat Blog

Blog juga dapat digunakan sebagai media promosi yang ampuh. Syaratnya, Blog toko kita haruslah berisi konten yang bermanfaat bagi para pengunjung, berkaitan dengan produk atau jasa yang sedang kita jual.

  1. Iklan Pay Per Click (PPC)

Iklan jenis PPC ini sangat baik untuk meningkatkan penjualan online toko kita karena dengan iklan jenis ini pengunjung suatu laman akan mudah tertarik dengan apa yang kita pasang pada iklan. Iklan PPC sendiri dipasang di situs-situs yang memiliki jumlah pengunjung yang banyak, sehingga memperbesar peluang pengunjung datang ke situs kita.

Beberapa cara promosi online yang efektif di atas akan lebih baik jika kita imbangi dengan berbagai produk yang berkualitas. Tentu dengan produk berkualitas pengunjung yang telah membeli akan membeli kembali atau merekomendasikan ke orang lain.