Begini cara membedakan batu akik yang asli dan palsu

Maraknya batu akik yang booming pada awal tahun 2015 membuat para pedagang batu meraup keuntungan yang sangat besar hal disebabkan oleh daya bei masyarakat dan minat yang tinggi terhadap batu alam yang tidak lain lagi ngetren adalah batu akik. BUkan hanya kalangan tua saja , batu akik diminati kaum muda karena sangat unik dan indah.

Dengan adanya harga yang sangat mahal, tidak heran jika oknum melakukan kecurangan dalam menjual batu yaitu dengan cara sintesis menggunakan bahan kimia sehingga mirip dengan batu akik yang asli. Nah untuk anda yang ingin mengetahui sebelum membelinya, inilah cara yang bisa anda lakukan dalam memilih batu akik palsu atau asli seperti dilansir oleh merdeka.

1. Proses pembuatan

Untuk batu akik asli memang terbentuk dari alam secara alami dan proses penyempurnaanya dengan cara diuikir kemudian digosok agar terlihat corak yang dihasilkan. Lain halnya dengan batu akik palsu , proses penyempurnaanya dengan cara sintesis bahan kimia seperti radiasi,pewarnaan dan pemanasan untuk itu sebaiknya berhati-hati sebelum membelinya.

2. Serat

Batu akik asli memiliki serat di dalamnya yang bisa terlihat oleh kita baik menggunakan senter ataupun dengan mata telanjang sekalipun terlihat ada serat yang seperti retak-retak dan terbentuk motif yang unik dengan warnanya yang agak redup terutama batu akik yang masih baru. Untuk batu yang palsu justru kebalikannya yaitu tidak terlihat ada serat didalamnya dan warnanya agak terang.

3. Untuk melihatnya gunakan senter atau kaca pembesar

Sebelum membelinya, cobalah untuk mencoba menyenterkan senter ataupun dengan kaca pembesar pada permukaan batu akik , jika terlihat ada seperti noda menandakan batu itu asli , namun jika terlihat polos maka anda harus memperhitungkan terlebih dahulu bisa jadi batu tersebut palsu.

4. Efek unik pada layar smartphone

Hampir semua smartphone pasti menggunakan fitur layar sentuh atau touchscreen , nah untuk batu akik yang asli jika kita meletakan pada layar smartphone akan menggeser atau merubah layar smartphone.

5. Cobalah untuk menggigit,membanting atau membakarnya , pada umumnya batu akik yang asli akan tahan terhadap benturan atau api dan tidak akan pecah , bisa juga mengeceknya dengan menggoreskan pada kaca, jika terjadi goresan berarti bisa dikatakan batu tersebut asli begitupun sebaliknya dengan batu akik palsu.

6. Uji laboratorium

Ini merupakan salah satu cara yang sangat efisien dalam membedakan batu akik asli dan palsu. 

7. Pilihlah teman yang sudah faham dengan batu akin sebelum membelinya.

8. Bisa disertifikasi

Batu akik asli sekarang bisa disertifikasi sehingga jika anda ragu dalam membelinya , cobalah untuk minta sertifikasi yang asli supaya lebih meyakinkan.

 

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan